Google

Monday, June 29, 2009

LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH

Pustaka terkait dengan Lesson Study berkembang terus, kini sebuah kreasi "keroyokan" melahirkan sebuah buku yang mewacanakan Lesson study dengan tataran sekolah hadir dihadapan kita. Orang akan semakin paham ketika genderang profesionalisme guru diperdengarkan, bagikan sebuah lecutan, guru harus tampil lebih hebat. Kita semua tahu konsekuensi telah diberikan pemerintah, tunjangan mulai mengalir, namun apakah aliran itu tersambut dengan semestinya. Tentunya sambutan itu berupa perubahan yang signifikan terhadap peningkatan profesionalisasi. Lesson Studi adalah sarana tepat yang memberikan ruang khusus pada guru untuk meningkatkan profesinya. Sebagai wahana tentunya Lesson study memfasilitasi terjadinya sebuah pertukaran pikiran, strategi maupun teknologi. Melalui aktivitas ini guru akan melakun share of skill [urun ketrampilan], share of technology [urun teknik], share of knowledge [urun pengetahuan] dengan sesamanya. Banchmarking akan terjadi, dan memndu para guru untuk meningkatkan kualitas diri secara total. Buku ini akan membayar lunas bagi para pembacanya untuk memperdalam manfaat apa saja yang diberikan oleh lesson study. Buku ini tidak akan mengangkat sebuah teori yang otopia, naumun memapar realitas sebenarnya. Para penulis buku ini telah berkesperimen, telah mengendus di tataran empiri. Dari apa yang dilakukan terlahirlah buku yang memandu.
Data buku
JUDUL:Lesson Study Berbasis Sekolah-Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif
PENULIS: [Prof. Dra. Herawati Susila, MSc.,Ph.D--Dra.Husnul Chotimah,MPd--Drs.Ridwan Joharmawan.MSi--Dra.Jumiati--Yuyun Dwita Sari.SPd.--Sunarjo,SPd.
PENERBIT: Bayumedia Publishing. Jl. Puncak Yamin No. 20 Malang. Telepon: 0341-580638. E-mail: bayumedia@telkom.net
ISBN: 978-602-8299-20-6
CETAKAN: Pertama Januari 2009.
TEBAL: xxii + 242 halaman: 14 x 21 cm
catatan:
Lesson Study berbasis sekolah [LSBS] telah dilaksanakan sejak tahun 2004/2005 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang hingga saat ini. Kegiatan tersebut terbukti secara signifikan menciptakan peserta didik memilki kesadaran pentingnya belajar dan bagaimana sesungguhnya belajar. Melalui kegiatan ini pula prestasi siswa mengalami kenaikkan. Bahkan LSBS ini merupakan wahana ampuh untuk mengubah kesadaran terdalam para guru tentangh jati dirinya, sehingga pikiran-pikiran konservatif yang betrsemayam di benaknya hilang. Selanjutnya hadir kesadaran baru yang melengkapi profesinya, berupa inovasi. Yang nampak guru akan lebih dahsyat menekuni profesinya, sekaligus dengan tidak terasa stamina belajar tumbuh dan berkembang tanpa paksaan. Kini wahana ini menjadi berkembamng, bahkan telah berinovasi dengan mensuntikkan inovasi-inovasi baru. Atas jawan lesson study, kini para guru telah mengembangkan penelitian tindakan kelas.