
Demitologi:
Dulu ada mintos bahwa guru digambarkan hanyalah sebagai pengabdi pendidikan yang ikhlas tanpa balas, kemudian diberikan simbol sebagai mitos agar guru tetap polos. Hadirnya Hymne Guru yang salah satu baitnya tertulis, "Engkau Patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa", kemudian diubah " Engkau Patriot pahlawan bangsa Pembangun insan cendekia". Justru bermitos Guru menjadi lemah. "Pahlawan tanpa tanda ", mitos ini memberikan kesan guru itu pengabdian dan tak perlu balasan. Inilah suatu pandangan yang keliru dan serta merta harus diubah. Mitos sesat harus dihilangkan.
Buku ini patut dibaca, dicermati serta direnungkan dengan cerdas hati. Barangkali akan lebih tepat bila seorang pejabat yang terkait dengan pendidikan mampu mengambil kreasi empiri ini.
Data buku
JUDUL: Guruku Tidak Kencing berlari - Kumpulan Kritik dan Esai Pendidikan
PENULIS: Jamaludin
PENERBIT: Tahura Media. Jl. Sultan Adam RT 16 Nomor 46 C Banjarmasin. Telpon: (0511) 3302473. Fax (0511) 330427. E-mail: hajrian@yahoo.com
ISBN:
TEBAL: xx+192 halaman: 14 cm x 21 Cm
CETAKAN: 978-602-841540-8-19
ISI BUKU:
Guru Dalam Prespektif
- Guruku Tidak Kencing Berlari
- Ketika Profesi Guru Menjadi Pilihan
- Renungan Seorang Guru Selepas Hardiknas
- Nasib Guru Antara Mimpi Indah dan Mimpi Buruk
- Terebab Kami Hanya Guru Sekolah Dasar
- Mengangkat Kembali Citra Profesi Guru
- Sertifukasi Guru dan Mutu Pendidikan
- Sekali Lagi Soal Sertifikasi
- Demitologi Profesi Guru Indonesia
- Tantangan Masa Depan Profesi Keguruan
- Mencari Sosok Guru Masa Depan
Dialektika Pendidikan Nasional
- Menyoal Standar Nilai Kelulusan Nasional
- Ujian akhir Sekolah Berstandar Nasional
- Menyoal Kembali Pelaksanaan Ujian Nasional
- Impian 20% anggaran Pendidikan Nasional
- Revitalisasi Kebudayaan dalam Praksis Pendidkan Nasional
- Memberdayakan Pendidikan di Daerah Terpencil
- Piramida Pola Pembinaan Pendidikan Nasional
- Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah
- Perspektif Pendidikan Berbasis Toleransi
- Mempertimbangkan Model Pendidikan Gratis
- Mencari Pendidikan Murah dan Bermutu
[]
No comments:
Post a Comment