KONTRIBUTOR:
ANNISATUL ISLAMIYAH - KLAS B.
Seandai nya fungsi guru di sama kan dengan fungsi elektronik , maka elektronik apa yang akan kamu pilih? Menurut pendapat saya elektronik yang sangant cocok fungsi nya disamakan guru yaitu radio. Karena radio itu merupakan barang sederhana tetapi memiliki banyak fungsi yang sangat besar bagi pemilik nya. Ada beberapa fungsi radio bagi para pendengar yaitu :
ANNISATUL ISLAMIYAH - KLAS B.
Seandai nya fungsi guru di sama kan dengan fungsi elektronik , maka elektronik apa yang akan kamu pilih? Menurut pendapat saya elektronik yang sangant cocok fungsi nya disamakan guru yaitu radio. Karena radio itu merupakan barang sederhana tetapi memiliki banyak fungsi yang sangat besar bagi pemilik nya. Ada beberapa fungsi radio bagi para pendengar yaitu :
memberikan
informasi tentang kejadian – kejadian yang ada di negara tercinta ini, dengan
cara menyiarkan lewat radio beberapa berita terkini.
menghilangkan
kejenuhan / hiburan dengan cara ada nya program music di beberapa jaringan
sinyal radio. Pada jaman dahulu ada penyiaran wayang kulit lewat radio, selain
itu ada juga komedi yang lewat radio. Karena pada jaman dahulu tidak ada
hiburan selain radio. Meskipun hanya lewat suara saja itu suatu hal yang mewah
pada jamn dahulu.
memberikan
inspirasi, contoh nya : memory anak – anak sangat peka, awal nya mereka sering
mendengarkan radio saat kecil akhir nya dengan inspirasi itu dia ingin menjadi
seorang penyair radio yang handal seperti orang yuang di dengar anak tersebut pada saat kecilnya.
Pada
jaman penjajahan radio sangat berguna dang berfungsi besar untuk komunikasi
saat Indonesia diserang penjajah. Lewat radio para pemuda menyuruh Bung Karno
untuk segera memberi perintah agar segera membaca proklamasi agar segera
menggegam kemerdekaan yang memang di perebutkan
dan diperjuangang kan pada waktu itu. Melalui radio juga masyarakat
Indonesia mengetahui bahwa bangsa Indonesia sudah merdeka dan mendengarkan Bung
Karno membaca teks proklamasi.
Radio
adalah elektronik yang dapat dimiliki oleh semua golongan, dari golongan
pejabat hingga tukang becak pun dapat memiliki radio. Para era nya radio
merupakan barang mewah tetapi sekarang radio bukan barang yang mahal lagi,
bahkan sekarang radio di singkirkan oleh alat – alat elektronik yang lebih
cangih seperti tv, computer dll. Mungkin barang – barang canggih itu hanya
dapat dimilii oleh orang – orang yang mempunyai perekonomian menengah keatas.
Disini letak keistimewaan radio, dapat di miliki oleh setiap golongan menengah
kebawah. Penjelasan tentang fungsi radio yang telah saya jabarkan diatas
memiliki kesamaan fungsi dengan profesi guru. Ada beberapa fungsi guru yaitu :
memberikan
informasi berupa ilmu pengetahuan yang dia ketahui kepada peserta didik tanpa
berharap pamrih atau balas budi.
Dapat
memberikan hiburan pada saat suasana kelas tidak mendukung dengan cara merubah suasana kelas menjadi lebih kondusif
tetapi tetap SERSAN “ Serius tapi Santai “ dengan di selangi bebeisampaikan
oleh guru.rapa game yang bisa membuat peserta didik lebih semangat lagi
menerima materi pembelajaran yang akan d
Memberikan inspirasi kepada murid atau peserta
didik yang telah beliau ajar dengan kesabaran, keuletan dan ketekunan untuk
membuat murid itu mengerti apa yang disampaikan. Dengan begitu para murid
tersebut akhir nya mempunyai ke inginan untuk menjadi seorang guru sehingga
cita – cita yang akan dia raih berjalan dengan keingininan nya. Membagikan ilmu
yang dia punya tanda peduli balasan budi begitu sifat mulia seorang guru.
Guru
sudah ada sejak pada jaman penjajahan, sejak negara ini belum merdeka guru sudah ada dan profesi guru yang sangat mulia
ini pada jaman dulu begitu jarang dan melihat golongan perekonomian menengah ke
atas itu pun guru dari pihak luar negeri. Pada jaman penjajahan dulu masyarakat
Indonesia belajar menulis dengan sembunyi – sembunyi dan hanya anak bangsawan
aja yang bangsawan aja yang bisa mendapat kan pendidikan karena pendidikan pada
jaman dulu begitu mahal.
Guru
suatu profesi mulia yang sangat membanggakan karena beliau membantu
mencerdaskan bangsa ini tanpa pamrih. Mengajarkan ilmu yang beliau punya tanta
mengenal status sosial. Guru mengajar tanpa mengenal golongan, maupun dari
golongan keluarga yang tidak mampu pun guru tetap mengajar tentang iklas. Apa
yang di lakukan guru menjadi inspirasi bagi para murid, maka tidak salah
apabila guru di sebut “ pahlawan tanpa tanda jasa “
No comments:
Post a Comment