MODEL
PEMBELAJARAN PAIKEM DENGAN ACARA TV BUKU HARIAN SI UNYIL
Buku Harian Si Unyil merupakan program
acara televisi yang sangat baik untuk ditonton, khususnya bagi anak-anak karena
acara ini menayangkan tentang lingkungan sekitar yang dikunjungi oleh unyil dan
kawan-kawan. Dimana unyil dan kawan-kawan bersama-sama mengunjungi suatu
daerah. mereka menggali potensi sumber daya alam yang dimiliki daerah tersebut.
Daerah yang mereka kunjungi tentunya mempunyai daya tarik tersendiri untuk
mereka jelajahi. Keunikan budaya, tradisi dan permainan yang dimiliki tiap
daerah akan mengisi lembar demi lembar buku harian si unyil sebagai pengalaman
yang pernah mereka alami.
Buku harian si Unyil memiliki suatu konsep
dimana program ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang lingkungan
sekitar. Dalam tayangan buku harian si unyil memberikan informasi dari yang
kita tidak tahu menjadi tahu. Dari situlah guru bisa menggunakan konsep yang
sama untuk dijadikan sebagai suatu proses belajar mengajar untuk diajarkan
kepada anak didik.
Misalnya dalam pelajaran bahasa Indonesia,
kebanyakan siswa jenuh jika belajar didalam kelas. Disini seorang guru harus
pintar-pintar dalam memberikan suatu pengajaran pada anak didik, yaitu dengan
memberikan pelajaran diluar kelas. Dengan mengamati lingkungan diluar kelas,
siswa disuruh untuk membuat suatu cerita di lingkungan sekitar. Untuk menggali
potensi dari seorang anak didik, guru bisa menyuruh untuk menceritakan
lingkungan yang mereka temukan.
Tidak hanya pelajaran bahasa Indonesia
saja, pelajaran lain pun bisa memakai konsep acara televisi Buku Harian si
UNyil ini, misalnya pelajaran IPA, seorang siswa disuruh untuk mengumpulkan
jenis-jenis tumbuhan yang ada disekitar lingkungan sekolah. Kemudian siswa
menjelaskan kepada teman-temannya yang lain di depan kelas. Disitulah seorang
guru bisa membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa acara
televisi Buku Harian Si Unyil bisa dijadikan suatu strategi pembelajaran paikem
(pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) dimana
seorang siswa bisa lebih aktif, inovatif dan kreatif. Disamping itu siswa juga
tidak akan jenuh, karena pembelajaran yang dilakukan lebih menyenangkan dengan
kondisi lingkungan yang berbeda dari biasanya.
NAMA : EKA OKTAVIANI CAHYANINGTYAS
NIM : 11-8000-191
KELAS : 2011-D
TTL : SIDOARJO, 04 OKTOBER 1993
HOBI : Baca Buku, Dengerin Musik, Online ^_^
KESUKAAN : AKU ITU SUKA SAMA HAL YANG
LUCU-LUCU
No comments:
Post a Comment