Aku punya sebuah model
pembelajaran yang berasal dari program televisI yang banyak di minati oleh
orang-orang pada umumnya. Program itu yaitu program yang beberapa tahun menjadi
program terfavorit dan juga lucu karena yang membawakannya juga sangat lucu,
nama programnya yaitu BUKAN EMPAT MATA.
Aku bisa memakai program televise tersebut karena ada beberapa factor yang
membuat aku tertarik untuk menerapkan cara program tersebut dalam proses pembelajaran.
Cotohnya saja cara si pembawa acaranya yang sangat menghibur dan dapat menarik
perhatian si penonton.
Dalam proses
pembelajaran itu dapat terapkan dengan metode Tanya jawab. Siswa kita ibaratkan
sebagai bintang tamu dalam acara tersebut, sedangkan guru kita ibaratkan
sebagai pembawa acara. Siswa diberikan berbagai pertanyaan tentang mata
pelajaran ipa. Sejauh mana pengetahuan mereka tentang pelajaran Tematik. Namun
dalam member pertanyaan itu guru harus menyesuaikan dengan materi yang ada,
atau alangkah baiknya jika guru memberikan pertanyaan kepada siswanya tentang
materi minggu lalu yang telah di bahas bersama.
Dalam proses Tanya
jawab siswa yang lainnya yang tidak diberi pertanyaan bertindak sebagai
penonton, dengan menyimak seluruh pertanyaan yang diberikan oleh guru, dan jika
ada yang ingin menyangga atau membetulkan jawaban dari siswa yang diberikan
pertanyaaan. Dalam proses tanya jawab itu, guru harus menggunakan media yang
menarik untuk menarik perhatian siswa, sehingga siswa tidak menjadi bosan,
seperti apa yang ada pada program acara BUKAN MEMPAT MATA. Dalam setiap
pertanyaan pembawa acara selalu memberikan candaan yang menyeletuk agar
penonton tidak menjadi bosan, begitu juga dengan guru. Sebagai seorang guru
kita harus bisa mencairkan suasana dalam setiap proses pembelajaran walaupan
kita memakai berbagai macam metode pembelajaran yang akan kita terapkan.
Tidak hanya laptop yang
bisa digunakan sebagai media pembelajaran, guru harus bisa menyiapkan media
lain yang bisa menarik perehatian siswa, seperti kamera, galon, stik drum, atau
alat music yang berasal dari tutup kaleng sprit yang nantinya dapat sesederhana
mungkin asal bisa digunakan siswa sebagai media untuk mengekspresikan
kreativitas mereka baik secara individu maupun secara kelompok.
Sesuai dengan program televisi yang sudah aku pilih aku
membuat proses pembelajaranku semenarik mungkin seperti yang ada di program tersebut. Aku memberikan pertanyaan pada
setiap siswaku, tapi sebagaian siswa yang masih menunggu giliran untuk
diberikan pertanyaan, aku jadikan mereka sebagai penonton, sedangkan aku
berperan sebagai pembawa acara dan siswaku yang aku berikan pertanyaan aku
jadikan mereka sebagai bintang tamuku. Dalam proses tanya jawab tersebut aku
memeberikan sedikit guyonan kepada siswaku agar proses tersebut tidak menjadi
dingin namun menjadikan suatu proses pembelajaran tersebut menjadi suatu
pembelajaran yang menarik dan mudah di ingat oleh siswa.
Di tengah-tengah proses
tanya jawab tersebut siswa diperkenankan untuk menampilkan bakat yang mereka
punya baik secara individu maupun secara kelompok. Dengan proses yang seperti
itu kita dapat memotivasi semangat anak agar lrbih giat belajar dan juga
memberikan pelatihan kepada siwa agar berani tampil di depan umum sehingga
sifat percaya diri itu akan tumbuh pada diri siswa. Setelah mereka menampilkan
bakat yang mereka punya kita harus member upplose kepada mereka agar mereka
senang dan merasa bangga bahwa dirinya bisa dan diberikan suatu penghargaan.
Itu sebagai suatu
langkah acuan pertama untuk kita jadikan sebagai bahan atau metode dalam suatau
pembelajaran agar pembelajaran dapat menjadi pembelajaran yang menarik dan
mudah diingat oleh siswa dan dalam proses pembelajaran siswa tidak hanya
menjadi seorang pendengar setia, namun siwa diberikan kesempatan untuk
mengapresiasikan kreativitas yang mereka miliki baik berupa akademis maupun non
akademis.
Demikian yang bisa saya
tulis, Saya sebagai penulis dalam tulisan ini memohon maaf apabila masih ada
kekurangan dalam penulisan ini karena manusia tak luput dari kesalahan, dan
saya menerima kritik maupun saran akan kedepannya saya bisa lebik baik dalam
proses penulisa. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penulisan ini.
Akhir kata wassalamualikum Wr.Wb .
Masa Depan adalah Milik Mereka Yang
Mampu Berkomunikasi.
Namaku
Fatimatuz Zahroq,,nama
panggilanku sangat bermacam-macam,,,ada yang manggil aku Fatima,ima,Zahroq dan juga Tuz.
Aku lahir di Kota Sidoarjo pada tahun 1993,tepatnya di desa Cangkring Sari . Aku
lahir dari kedua orang tuaku yaitu Achmad Zuhri dan Sunarmi. Aku mempunyai
saudara laki-laki satu yang bernama Muhammad Farid Zuhriansyah yang sekarang
masih menempuh Pendidikan di SMP Negeri 2 Sukodono.Kini aku berumur 19 tahun dan aku sedang menempuh pendidikan
di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Sejak kecil aku bercita-cita ingin
menjadi seorang pengacara dan jadi seorang guru, namun akhirnya cita-citaku itu
kini masih dalam proses perwujudan. Sudah banyak asam dan manis perjalanan
hidup yang aku lewati dari mulai aku duduk di SD sampai dengan saat ini. Sejak
SD Aku hidup di kota Surabaya, kota yang sangat keras bagi aku, di lingkungan
yang memang sangat berbeda dari lingkungan desaku bersal. Namun SMP aku kembali
lagi ke desaku dengan menempuh pendidikan di SMP Negeri 2 Sukodono.
Alahmdulillah waktu SMP dari mulai kelas 1 sampai dengan kelas 3 aku selalu
masuk dalam 5 besar. Belajar dan belajar itulah tugasku dulu waktu SMP.
Tiga tahun aku
mengarungi pendidikan di SMP itu, dan akhirnya pada waktu SMA aku menempuh
pendidikan di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Awalnya aku ingin masuk di
SMA Negeri, namun nasib tidak berpihak padaku. TERNYATA Allah memang menyiapkan
tempat yang indah buat aku menempuh pendidikan di situ. Allah memberikan aku
segala ilmu yang memang belum pernah aku dapatkan sebelumnya baik akademik
maupun non akademik. Tiga tahun susah dan senang aku lewati di SMA itu dengan
sabar, bersama dengan teman-teman yang
begitu mengesankan. Sekolah itu mengantarkan aku menjadi seorang yang benar-benar
berani, berani untuk mengambil keputusan kemana masa depanku akan aku bawah.
Dan akhirnya, selepas aku menempuh pendidikan di SMA itu aku berani mengambil
keputusan untuk menempuh pendidikan di S1 PGSD Universitas Adi Buana Surabaya.
Satu tahun aku belajar disini banyak perubahan yang aku dapatkan pastinya dari pengetahuan yang tadinya minim sekarang
menjadi bertambah. Sampai akhirnya aku bisa menulis tulisan ini.itulah profilku
Fatimatuz Zahroq.
No comments:
Post a Comment