Acara termehek-mehek ini jika dikaitkan dengan konsep pembelajaran
itu saling berkaitan, karena gambaran-gambaran dalam acara ini untuk
memeperoleh tujuan yang akan di capai itu dapat terwujud. Maksudnya saat client
yang minta tolong kepada tim termehek-mehek akan mencari atau ingin bertemu
dengan seseorang, maka dalam akhir pencariannya akan bisa bertemu dengan seseorang
yang di carinya di sertai dengan usaha-usaha yang ada dalam acara
termehek-mehek tersebut. Dan acara termehek-mehek ini langsung terjun ke
lapangan untuk menyukseskan proses pencarian yang dilakukan, maka guru juga
harus bisa mendidik peserta didiknya secara langsung agar proses pembelajaran
bisa berjalan secara efektif dan efisien. Guru yang diumpamakan sebagai tim
termehek-mehek serta peserta didik diibaratkan sebagai client.
Saat
tim termehek-mehek memberikan perhatian kepada client agar dapat mengikuti
acara dalam pencarian dari awal hingga akhir. Maka tim harus menyiapkan
strategi atau usaha yang dapat membuat client merasa nyaman dan sabar untuk
melakukan pencariannya. Sebaliknya guru juga harus bisa memberikan perhatian
agar peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dari awal sampai akhir.
Dengan memberikan berbagai rangsangan sesuai dengan kondisi yang ada, seperti
menggunakan berbagai media belajar yang dapat menarik perhatian dari peserta
didik.
Jika
tim termehek-mehek berusaha untuk memberikan semangat atau dorongan kepada
client saat dalam pencarian yang di lakukan tersebut. Dan bisa membuahkan hasil
dari tujuan yang diinginkan client agar bisa terwujud, dengan begitu tim
termehek-mehek harus bekerja keras untuk menyelesaikan pencarian dengan baik. Guru
juga harus bertindak untuk memotivasi peserta didiknya. Agar peserta didik
mempunya tujuan selama belajar, maka peserta didik perlu dijelaskan tujuan yang
akan dicapai selama pembelajaran, manfaat materi yang akan dipelajari oleh
peserta didik, dan tugas-tugas yang harus diselesaikan selama pembelajaran.
Setelah itu tujuan yang akan dicapai peserta didik tentang kemampuan dan upaya
yang harus dilakukan dapat tercapai dengan baik.
Selanjutnya
tim termehek-mehek miminta informasi kepada client dari tempat-tempat yang akan
dituju untuk proses pencarian yang akan dilakukan. Karena informasi tersebut
sifatnya sangat penting untuk proses pencarian, dari situlah tim termehek-mehek
bisa menentukan strategi untuk pencarian dan tempat-tempat mana sajakah yang
akan dituju saat proses pencarian berjalan. Dengan begitu pencarian dapat
dilakukan secara tuntas dan berjalan lancar. Kinerja guru pun perlu untuk menyajikan
bahan kepada peserta didik berupa pokok-pokok materi dari bahan ajar. Sebelum
itu guru sudah harus menentukan bahan apa yang akan disajikan, berdasarkan dari
jenis kemampuan peserta didik yang akan dipilih untuk bentuk penyajiannya
sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan lancar.
Apabila
dalam pencarian yang dilakukan sedikit terganggu oleh faktor-faktor luar yang
tidak diinginkan dari client, maka tim termehek-mehek harus bisa memberi arahan
atau masukan pendapat saat proses pencarian. Harapannya arahan atau masukan
pendapat tersebut diberikan dengan maksud tujuan dalam pencarian tidak
terhambat dan bisa lancar saat proses pencariannya. Faktor guru dalam
memberikan bimbingan belajar kepada peserta didik juga sangat berperan penting.
Oleh sebab itu, bimbingan belajar yang diberikan guru terhadap peserta didiknya
itu penting. Dengan tujuan untuk membantu peserta didik agar mudah mencapai
tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dicapai peserta didik pada
akhir pelajaran.
Usaha
tim termehek-mehek itu harus bisa meminta keterangan kepada client tentang
seputar seseorang yang akan dicari agar dapat menemukan titik temu yang jelas.
Dapat pula membantu proses pencarian agar lebih cepat dan bisa berjalan dengan
baik. Yang dimaksudkan itu guru memberikan umpan balik kepada peserta didik
sebagai fase belajar yang terpenting. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari
umpan balik yang diberikan, maka perlu keterangan tentang tingkat unjuk kerja
yang telah dicapai peserta didik dalam proses pembelajaran.
Setelah
hasil dari keterangan diperoleh, maka tim termehek-mehek bisa menyimpulkan apa
yang harus dilakukan agar mencapai titik temu yang jelas dan proses pencarian
bisa dikatakan sukses atau sesuai harapan awal yang mana client bisa bertemu
dengan seseorang yang dicarinya. Pada akhirnya guru dapat menilai dari unjuk
kerja peserta didik yang merupakan peristiwa dari pembelajaran. Dan dapat
ditarik kesimpulan bahwa peserta didik dapat mencapai tujuan dari proses pembelajaran
tersebut.
· KESIMPULAN
Dari
proses pencarian tadi benar adanya jika dikatakan membutuhkan waktu yang cukup
lama, karena ini termasuk proses pencarian seseorang yang dilakukan oleh client
dan dibantu dari pihak tim termehek-mehek. Serta diperlukan usaha-usaha agar
proses pencarian bisa berhasil, dari yang belum bisa bertemu dan pada akhirnya
client bisa bertemu seseorang tersebut. Jadi suatu proses pembelajaran itu
tidak dapat berhasil jika dilakukan secara instal, maka harus ada
tingkatan-tingkatan untuk melakukan proses pembelajaran serta membutuhkan waktu
untuk menempuh proses tersebut. Peran guru dalam proses pembelajaran juga penting
bagi peserta didik, karena peserta didik membutuhkan fasilitator dari guru
untuk menempuh proses pembelajaran. Dari yang tidak tahu sampai pada akhirnya
peserta didik tahu tentang pembelajaran yang dilakukan tersebut oleh guru yang
sudah membimbingnya.
· KATA-KATA
BIJAK
Mengajar
bukan profesi, tapi mengajar adalah kegemaran.
Aku
mengambil
suatu
kesimpulan yang menakutkan.
Bahwa
aku adalah unsur penentu di dalam kelas.
Pendekatan
pribadikulah yang menciptakan iklimnya.
Juga
suasana hatikulah yang membuat cuacanya.
Sebagai
seorang Guru, aku memiliki kekuatan yang sangat besar.
Untuk
membuat hidup seseorang menderita atau gembira.
Aku
juga bisa menjadi alat penyiksa atau pemberi ilham.
Serta
bisa bercanda atau mempermalukan.
Dan
melukai atau menyembuhkan dalam semua situasi.
Reaksikulah
yang menentukan, apakah sebuah krisis akan memuncak atau mereda?
Dan
apakah seseorang akan diperlakukan sebagai manusia atau direndahkan?
Hayyy... hayyyyy..... namaku Indah Yuni Faoziah. Aku tinggal disebuah tempat yang namanya belum saatnya untuk dzuhur, yaitu kawasan yang berinisial sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha, lebih tepatnya ada di daerah SIDOARJO. Umurku saat ini menginjak dari penjumlahan berikut ini: 6 + 7 ( 25 x 27 ) : 3 – 2906 = ? Serta cita-citaku itu sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang berada di Sekolah Dasar. Semoga bisa tercapai ya, CEMUNGUT INDAH......................... :-* Amin Ya Rob....................................................
No comments:
Post a Comment