Google

Sunday, July 12, 2009

DARI GURU KONVENSIONAL MENUJU GURU PROFESIONAL

VIVA KLUB GURU INDONESIA
Buku ini terlahir dari sekumpulan tulisan manusia-manusia yang prihatin atas jalannya pendidikan di Indonesia. Tampaknya pikiran terus berputar-putar mencari pangkal penyebab, ternyata akar masalah itu berwarna-warni datangnya. Solusi dirujukkan agar guru mampu dan mau mengubah citra dirinya, menghilangkan tahta yang saat ini akrab melekat pada dirinya. Selalu bertindak konvensional, seperti patung yang tak beringsut dari derasnya kemajuan, menuju tataran yang lebih bijak yakni ke ranah profesionalisme.
Untuk melakukan basuhan atas jalan pikir yang salah, buku ini iur pikir, tanpa sindir. Semuanya diendus dari wilayah nir khayalan, semuanya ditemukan di area empiri.
Lirih dan pasti, orang-orang yang memiliki perhatian terhadap profesi Oemar Bakri ini telah meronce menjadi satuan maksud, akhirnya lahir wahana memikir yang disebut KLUB GURU.
Para selebritinya antara lain: Prof.Dr.Muchlas Samani, Ir.Ahmad Rizali,MSc.,Dr.Indra Djati Sidi, Dr. Gatot HAri Priowirjanto, Prof.Dr.Amat Mukhadis, Dra.Sirikit Syah,MA., Bambang Sumintono.PhD.,Dr.Shofwan,MSi dan lain-lain.
Tujuannya tidak ingin saling bentur dan mengiris organisasi lain, namun lebih dari sebuah amalan mengangkat persoalan bangsa agar tidak terjerembab di kubangan nista.
Buku ini sengaja menuturkan jalan keluar, dan ditulislah fenomena-fenomena yang terjadi, dan disirami dengan disertakan solusi cantinya.
yang terbahas buku ini secara garis besara sebagai berikut:
  1. Mutu dan Kompetensi Guru
  2. Mengkaji Anggaran Pendidikan
  3. Mengangkat Citra Sekolah Kejuruan
  4. Guru, Paradigma dan Revolusi Pendidikan
  5. Menakar Sertifikasi Guru
  6. Menyoal Sekolah Gratis
  7. Mengkritisi Kemampuan Berbahasa Inggris
  8. Ujian Akhir Nasional
  9. Pendidikan Anti Korupsi
  10. Perpustakaan Sekolah dan Budaya Membaca
  11. Sekolah Berbasis Keagamaan dan Tantangan Bersama di Masa Depan
  12. Sekolah Bertarf dan Kelas Internasional
  13. Kurikulum Berbasis Kompetensi
  14. Bilik Edukasi
  15. Sejarah Berdirinya Klub Guru Indonesia
Data buku
JUDUL: Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional
PENULIS: Ahmad Rizali, Indra Jati Sidi, Satria Dharma
PENERBIT: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia Jakarta. Kompas Gramedia Building. Jl. Palmerah Barat. No. 33-37, Jakarta 10270. Telpon: 021-536 50110 - 536- 50111. http://www.grasindo.co.id/
ISBN : 978-979-0257320
CETAKAN: 2009
TEBAL:v + 246

No comments: