Google

Tuesday, April 19, 2011

KAJIAN MASA DEPAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM

Buku ini membentangkan sebuah gagasan antisipatif masa depan kehidupan manusia, tentunya dalam melakukan kajian didahului oleh beberapa fenomena atau realitas empiris yang menunjukkan sebuah gejala, bagaimana  kehidupan di masa mendatang. Menurut penulisnya Prof. Dr. Saedah Siraj,   bahwa yang akan datang akan hadir sebuah ancaman jika kita tak mampu mengantasipasi laju perkembangan., secara tepat akurat dan dalam masa dini. Namun sebaliknya jika manusia sudah matang secara mentalitas dalam memperbaikinya maka segala macam bentuk tantangan dan ancaman justru akan menjadi peluang.Menurut buku ini kajian masa depan tidak identik membicarakan masalah nujum, namun sebuah prediksi yang amat sangat rasional. Dalam kajiannya dikaitkan degan masa depan setidaknya ada tiga bentuk sebuah ancangan itu, yakni:
[] Kemungkinan masa depan(possible future).
[] Peluang masa depan (probable furures) dan
[]Masa depan yang diinginkan(preferred futures).. Mengahadapi tiga harapan itu, maka diperlukan sebuah kurikulum pendidikan yang senafas dengan ancangan kedepan. Kurikulum pendidikan harus tumbuh dan selalu meng-up date informasi kekinian sehingga pendidikan tidak hanya melakukan kegiatan akademik tapi cenderung membekali siswa/pelajar/mahasiswa untuk melakukan rekayasa diri agar masa depan yang serba kemungkinan atau penuh dengan probabilitas  dapat diurai sejak dini.  Inilah bentuk antipasi cerdas pendidikan agar manusia mampu eksis disegala ATHG (ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan).
Buku ini nampaknya memberikan awalan, bahwa jika kita telah memiliki kekuatan dalam bentuk kesadaran, melalui pendidikan.
Penulis buku ini juga ingin mempertemukan antara kajian ilmiah dan agama, ini nampak pada pembahasan bab II tepatnya halaman 12, tajuk yang diketengahkan adalah "Al-Quran dan Kurikulum Masa Depan". Kemudian buku ini membagi lima bab pokok bahasan, antara lain:
1. Pengajian Masa Depan
2. Trend Masa Depan
3. Pendekatan Penyelidikan Dalam Pendidikan Masa Depan
4. Kajian Di Malaysia Dan Luar Negara

5.Reka Bentuk Kurikulum Masa Depan.
SIAPA PENGGAGAS DAN PENULIS BUKU INI ?

Adalah Profesor Dr.Saedah Siraj. BA(Hons)(Mal), Dip.Ed(Mal), M.Ed (Mal). Ph.D (USA).  Bidang : Curriculum Development. Mengenal lebih jauh sila Klik,
KARYA LAINNYA:
Perkembangan Kurikulum : Teori dan Amalan
Teacher Burnout the implementation of Currricular Cahanges
Cognition and Learning : Issues and Strategies (Eds)
Pendidikan Anak-anak
Pendidikan Rumah Tangga
Remaja dan Strategi Penyelesaian Masalah
Pendidikan di Malaysia
Menagajar Sastra: Teori, Eksperimen dan Aplikasi
Kurikulum Masa Depan
mLearning : a new dimension of Curriculum Advencement
Kajian Masa Depan dalam Pengembangan Kurikulum.
[]
Data buku
JUDUL: Kajian Masa Depan Dalam Pengembangan Kurikulum
PENULIS: Saedah Siraj
ISBN:978-602-98582-3-5
PENERBIT: Pustaka Cendikia Utama. Jalan Gegerkalong Girang BAru. No. 13 Bandung 40154. Telpon/Fak. 022-2013847.
HALAMAN: x + 76 hal
[]

No comments: