Google

Sunday, December 6, 2009

7 KOMPETENSI GURU MENYENANGKAN DAN PROFESIONAL

Buku ini seperti bengkel yang sedang mereparasi sebuah mesin, guru adalah mesin perubahan yang sedang di otak-atik. Tentunya otak-atik itu ke arah peningkatan profesionalime guru. Banyak orang tahu sekaligus memahami, sekarang tuntutan profesionalisme mengedepan. Ya semua ranah menuntut proefesionalisme. Seperti lomba balap mobil, semua ingincepat datang di hgaris finiosh kemajuan. Untuk menuju garis finish guru harus berubah, setidaknya kempetensinya di tambah, dari ranah kualita menuju super kualita, prima kualita. untuk sampai buku ini ingin memodali para guru, sedikitmnya ada tujuh kompetensi guru yang harus diacu. Dari ketujuh kompetensi itu ada beberapa yang sudah tertanam misalnya kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian, kopetensi sosial, kompetensi moral, kompetensi sosial dan kompetensi prtofesional. Buku ini menjadi uniq dan menarik ketika memasang dua kompetensi yang jarang tergali. Ada dua kompetensi yakni: Kompetensi "Global" dan kompetensi "Renaisans"
Kompetensi Global: Kompetensi ini menyarankan guru untuk langsung pada ranah peningkatan wawasan. Guru harus kaya wawasan, seperti sentuhan komunikasi berbasis teknologi yan mutlak dikuasai. Guru harus mampu memanfaatkan mailing list di internet yang menyediakan forum diskusi terbuka di berbagai website dunia. Lebih lanjut guru harus bisa menarik manfaat dari berbagai sumber dunia maya, misalnya jejaring seosial seperti "blog".
Berikut indikasi Guru yangh telah berada pada kisaran kompetnsi global:
  • Cepat adaptasi
  • Responsif
  • Aktulalisasi diri
  • Terus berinovasi
  • Menjadikan dirinya sebagai pioner perubahan
Kompetensi Renaisans: Kompetensi yang menggugah guru dari tidur panjang, yang ogah berubah, lamban akan kemajuan, bahkan berdiam dari arah kemajuan. Pikiran statis yang acapkali menjadi pikiran guru pada umumnya, akan tersirnakan jika guru mampu menjadikan dirinya sebagai "Pencerah".
Indikasi guru yang telah mengambil peran mulai itu, adalah:
  • Jika guru menguasai lintas dsisiplin ilmu
  • Mensinergikan idealisme pemikiran dan idealisme sosial
  • Berani berjuang dan berkorban untuk anak didiknya
  • Selalu menebarkan benih-benih kemajuan
  • Menempatkan proses sebagai hal yang berharga daripada hasil
Data buku
JUDUL: 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional
PENULIS: Jam Ma'mur Asmani
PENERBIT: Power Books [IHDINA]. Sampangan Gg.Perkutut No. 325-B. Jl. wonosari, Baturetno Banguntapan Jogjakarta. TelP; [0274] 4353776. E-mail: redaksi_divapress@yahoo.com
CETAKAN: November 2009
ISBN: 979-963-985-9
TEBAL: 274 halaman

No comments: