Google

Friday, June 6, 2008

KAFE MENGUDANG PENGGAGAS: GURU KOK SAMA DENGAN ADAPTOR


GURU KOK BERPERAN SEPERTI ADAPTOR?
Hampir dipastikan seorang-orang yang memiliki telepon selular pasti mengenal alat yang satu ini, fungsinya jelas, yakni mengadaptasikan arus listrik yang bertegangan tinggi, selajutnya diadaptasi menjadi arus lemah. Kebanyakan orang menyebutnya sebagai charger.
Peran guru sebagai adaptor itu digambarkan guru yang memiliki daya suai yang tinggi, terhadap realitas empirik. Kemampuan suai inilah yang memungkinkan tujuan pembelajar tercapat dalam kondisi yang menyenangkan, serta memenuhi kriteria mutu.
Kriteria pertama : “on time”, guru harus tepat waktu ketika menjalankan peran profesinya
Kriteria kedua : “ on specification”, guru harus membelajarkan siswa sesuai kurikulum/silabus
Kreteria ketiga : “on delivery”, tepat pengiriman, artinya jumlah jam ajar dan bobot materi jangan dikurangi.
ADAPTOR KURIKULUM:
Ketika peran ini dilakukan seorang guru serta merta tidak harus menelan mentah kurikulum, analisa kebutuhan [need assessment] harus dijadikan rujukkan. Kurikulum kenfdati sebagai bintang pengarah namun ketika aplikasi harus dibuat KISS [ keep it short and simple ], sederhana tudak bertele-tele.
ADAPTOR PROSES BELAJAR MENGAJAR
Ketika peran itu dilakukan seorang-orang garu harus tetap mengadaptasikan ABCD kreteria.
A—Audience, siapa siswa kita itu ?
B—Behavior, tingkah laku apa yang akan diubah?
C—Condition, pada tataran yang bagaimana ?
D—Degree, untuk tingkatan yang bagaimana,(kualita dan kuantinta]
ADATOR “WARUNG JAMU”
Ketika peran itu dilakukan seorang-orang guru harus mengambil sebuah keputusan strategis, dikaitkan dengan proses pembelajaran.
WA—Waktu, kapan kita melaksanakan pembelajaran ?
RUNG—Ruang, pada kondisi yang bagaimana pembelajaran itu dilaksanakan ?
JA—Jumlah, pada kuantitas yang bagimana pembelajaran diselenggarakan
MU—Mutu, pada kualitas yang bagaimana pembelajarn ditargetkan ?
ADAPTOR MEDIA PEMBELAJARAN
Ketika peran itu dilakukan seorang-orang guru harus mampu memilih media yang sesuai dengan kreteria “EER”
E—Efektif,sudah efektifkan media yang digunakan
E—Efisien,sudah efisienkah media yang kita manfaatkan
R—Rasional,apakah media tadi telah masuk kategori logis, suai tujuan, suai ruang, suai psikologi siswa, dan suai dengan “kantong” sekolah
Kafe mengundang pengunjung untuk menambah fungsi adaptor bagi seorang guru

No comments: