Google

Monday, June 2, 2008

KAFE MENGUNDANG KREATOR: GURU SEPERTI KOMPUTER

GURU ITU SEPERTI KOMPUTER:
Hadir personal komputer membawa perubahan yang luar biasa, karena piranti ini mampu menggantikan otak manusia secara artifisial, kendati terbatas. Dunia berpaling pada piranti ini. Ada yang sangat tergila-gila oleh komputer karena kesanggupannya untuk meringankan tugas-tugas manusia. Seorang-orang yang tergila-gila, maka disebutnya orang yang sedang terserang virus “Technomania”, namun sebaliknya ketika seorang-orang ketakutan hadirnya piranti ini disebut “Technophobia
Orang harus jujur, dan harus menerima kehadiranya, karena kalkulasi apapun atas kehadiran piranti ini selalu memberikan keuntungan.
Kemudian apa hubungannya dengan profesi Guru?.
Ternyata komputer mampu digunakan untuk melihat secara cermat fungsi guru, karena kemampuan komputer yang canggih itu, memiliki persamaan peran dengan guru. Namun untuk kali ini, kafe ingin melihat dari sisi perangkat kerasnya saja, dalam mencandra peran guru.


  • Guru sebagai MOUSE, mouse adalah piranti yang digunakan menggerakkan “crusor”,maknanya guru itu memiliki kemampuan mengarahkan siswa sesuai dengan tatakarama dan cita-cita pendidikan. Mouse juga didayagunakan memilih, dan tidak memaksakan, artinya guru harus membangkitkan kemampuan siswa untuk memiliki bermacam-macam alternatif. Tidak saja arah vertikal, horizontal, namun juga lateral.

  • Guru sebagai LAYAR MONITOR, di sinilah guru harus berperan keteladanan, pencerahan, cermin. Sekaligus guru harus berperan menjadi penggali agar aktivitas berada pada bingkai monitor, sehingga siswa tidak keluar dari monitor, atau out-of control

KAFE INI INGIN MENGAJAK PARA PENGUJUNG UNTUK BERBURU MAKNA DARI PERANGKAT KERAS KOMPUTER DIKAITKAN DENGAN FUNGSI/PERAN GURU, TENTUNYA PERAN POSITIFNYA.

  1. DISC DRIVE
  2. PRINTER

No comments: