Google

Monday, September 29, 2008

MENJADI KEPALA SEKOLAH EFEKTIF

Karya Guru Pondok Pesantren Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan



Jika budaya menulis di kalangan guru digerakkan, dan mungkin lebih dari itu, guru selalu membuat buku, barngakali tak mustahil pendidikan di Indonesia akan menjadi suar bagi aktivitas berbangsa dan bernegara. Karena enggan menulis itu, guru dipandang sebelah mata, dan ini logis, karena indicator yang paling mungkin dan mudah dilihat jika seoranmg guru berkarya dalam bidang tulis menulis. Guru harus malu mengatakan, bahwa saya tidak pernah membuat buku. Tapi sebaliknya harus membaggakan dirinya jika seorang guru telah melahirkan sebuah buku.
Kini guru hanyalah sebagai penonton, dan tidak pernah menjadi pemain, hanyalah obyek semata, bahkan lebih nista menjadi buruh penjualan buku.
Ada sebuah ide cerdas, seorang guru yang menjadi kepala sekolah harus memenuhi syarat membuat buku. Sehingga di negeri yang telah teken kontrak dalam “Pembukaan Undang-undang dasar-nya, sebagai negara yang ingin mencerdaskan kehidupan bangsa “, sangat sulit menemukan guru yang tidak menulis buku.
“Kafe Guru”, menemukan karya tulis eorang guru, Abdullah Munir. Seorang guru tulen yang mengabdi di Pondok Pesantren Al-Quraniyah Manna-Bengkulu Selatan.
Ustads yang kelahiran Jombang ini, setika Studi di Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Bengkulu kerjasama dengan Universitas negeri Jakarta [2006], Melalui tesisnya ketika melanjutkan studi magister itu lahir sebuah buku
Data Buku :
JUDUL: Menjadi Kepala Sekolah Efektif
PENULIS: Abdullah Munir
PENERBIT: Ar-Ruzz Media. Modinan Sambilegi No. 194 Maguwoharjo, Depok, Slemen, Yogyakarta. Telp. [0274] 4332223. E-mail : arruzzwacana@yahoo.com
CETAKAN : I—September 2008
ISBN: [10] 979-25-4506-9
ISBN: [13] 978-979-25-4506-7
TEBAL: 124 hlm, 14 x 21 cm


SARING—Sadapan Ringkas

Kepala sekolah harus memfungsikan perannya secara maksimal dan mampu memimpin sekolah dengan bijak dan terarah serta mengarah kepada pencapaian tujuan yang maksimal demi meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di sekolah. Karena itu, kepala sekolah harus mempunyai wawasan, keahlian manajerial, mempunyai kharismatik kepemimpinan, dan juga, pengetahuan yang luas tentang tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah. Dengan kemampuan yang dimilki seperti itu, kepala sekolah tentu akan mampu mengantarkan dan membimbing segala komponen yang ada di sekolahnya dengan baik dan efektif menuju ke arah cita-cita sekolah.
Tulisan yang diungkan dalam buku ini :
Secara terperinci, kajian diarahkan untuk mengungkap terhadap tiga permasalahan. Pertama, apakah terdapar hubungan antara kinerja kepala madrasah dengan kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah Negeri kabupaten Bengkulu Selatan?; Kedua, apakah terdapat hubungan antara komunikasi antar pribadi kepala madrasah dengan kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bengkulu Selatan?; dan Ketiga, apakah terdapat hubungan antara kinerja kepala madrasah secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan?

1 comment:

QQ said...

buku ini berisi tentang thesis sdr. munir, sayang sekali teori tentang efektifitas kepsek yang menjadi judul buku ini, sangat sedikit dan terfokus pada satu thesis saja.