Google

Friday, January 9, 2009

MENJADI GURU INISIATOR

Profesi guru itu setara dengan profesi yang mengedepakan pola sikap "proaktif", dan bukan sebaliknya yang selalu "reaktif". Sejalan dengan pemikiran bapak pendidikan Indonesia, Kihajar Dewantara, guru itu harus mengemban jalan pikir yang tercakup dalam "ing Ngarso sun tuladha", "ing madya mangu karsa" dan "tut wuri handayani". Jalan pikir inilah yang menggerakakkan pikiran kita, bahwa guru harrus menjadi inisiator. sebagai agen perubahan "agent of change", maka solusi indahnya selalu berakhir bagaimana membentuk sosok guru yang proaktif, alias guru yang selalu "ing ngarso sun tuladha' atau berperan sebagai insiator
Buku ini membentangkannya, guru harus mengubah jalan pikirnya, memutar paradigma pandangnya, dari pembelajaran yang mengedepakan dominasi guru [Teacher Centered], beralih pada Student Centered Instruction.
Data buku:
JUDUL: Menjadi Guru Inisiator
PENULIS: Drs, Thoifuri, M.Ag.
PENERBIT: RaSAIL Media Group --[Ranah Ilmu-ilmu Sosial Agama dan Intradisipliner] Perum Mijen Permai B. 107 Semarang 50218. Telp. 024 76672652. E-mail: pustaka_rasail@yahoo.com
---Catatan kerjasama dengan STAIN Kudus Press. Jl, Conge Ngembalrejo 59322
CETAKAN: I- Maret 2008
ISBN: 978-979-13332-04-5
TEBAL: xii + 210 hlm; 14 x 21 cm
Buku ini tidak hanya menyoroti secara khusus, terkait dengan guru inisiator, namun juga mengembangkan beberapa dimensi lain yang tentunya mendukung terbangunnya jiwa guru yang mengepankan Inisiatif, bahkan guru yang maniak inisiatif.
Buku ini membagi bahasan dalam 10 bab, yakni:
  1. Bab I - Makan dan Hakikat Guru
  2. Bab II - Guru Inisitor
  3. Bab III Prinsip-prinsip Mengajar
  4. Bab IV- Metode Mengajar
  5. Bab V - Gaya Mengajar Guru
  6. Bab VI- Teori Belajar Dalam Pengajaran
  7. Bab VII - Manajemen Kelas
  8. Bab VIII - Kewibawaan Guru
  9. Bab IX Mediua Pengajaran
  10. Bab X - Evaluasi Pengajaran.
Sadapan ringkas:
Menurut buku ini guru dikatakan inisiator apabila memiliki ciri antara lain:
  1. Mengembangkan hal yang sudah ada menjadi lebih sempurna
  2. Menemukan hal-hal baru yang belum ada dalam dunia pendidikan
  3. Selalu mengacu pada tujuan pendidikan nasional, isntitusional, dan kurikuler
  4. Selalu mempunyai gagasan baru untuk diterapkan ke dalam kelas
  5. Mampu memadukan antara teori dengan praktik
  6. Mampu menjabarkan buku teks ajar dengan lingkungan sekitar
  7. Memotivasi anak mempelajari lingkungan alam untuk disesuaikan dengan buku teks ajar
  8. Memberikan contoh pada peserta didiknya untuk disiplin dan bertanggung jawab
  9. Memotivasi anak didik untuk mengadakan pengamatan sosial dan penelitian ilmiah pada lam
  10. memotivasi peserta didik untuk mengkritisi buku teks ajar dan mengembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat global.
Keistimewaan lain buyku ini adalah memiliki box peringatan yang isinya berupa tekanan-tekanan bahasan, misalnya:
"Implementasi guru inisiator selalu mengedepankan kebutuhan peserta didiknya untuk menjadi yang terbaik dengan sistem pengajaran insidental, mencoba-coba dan bermasyarakat"

No comments: