Google

Thursday, January 8, 2009

MODEL PEMBELAJARAN-PROF.DR.HAMZAH B.UNO, MP.d

Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Efektif
Pemikiran para pakar pembelajaran seperti Gagne, Reigeluth, Gropper, Briggs, Scandura, Merrill, Romizozki, Dik and Carey, Anderson, Landa, da Keller serta rombongan pakar lainnya dipaparkan secara komprehensif oleh buku ini. Sangat cocok untuk para calon guru yang ingin meningkatkan gizi pengetahuan.
Untuk profesional guru yang alapar akan metode pembelajaran, buku ini adalah jenis santapan yang paling dianjurkan.
Secara cermat, penulis buku ini membedakan secara signifikan antara makna pengajaran dan pembelajara.
Pengajaran [instrucional] menurut buku ini, lebih mengarah pada pemberian pengetahuan dari guru kepada siswa yang kadang berlangsung secara sepihak. Sedangkan pembelajaran [learning] adalah suatu kegiatan yang berupaya membelajarkan siswa secara terintegrasi dengan mengkalkulasi faktor-faktor lingkungan pembelajaran, baik dari dimensi penyampaian, pengelolaan, maupun pengroganisasian pembelajaran.
Sasaran utama pembelajaran adalah mempreskripsikan startegi pembelajaran yang optimal untuk mendorong prakarsa dan memudahkan belajar siswa.
Dalam membentangkan isi, buku ini membagi dalam sembilan bab, antara lain:
  1. Strategi Pembelajaran
  2. Model Pembelajaran Sosial
  3. Model Pembelajaran Jarak Jauh
  4. Manajemen Diri dalam Pembelajaran
  5. Model Pembelajaran Orang Dewasa
  6. Perlukah Kompetensi Dalam Mendesain Pembelajaran
  7. Model Pembelajaran Elaborasi dan Buku Teks Suatu Terapan Dalam Pembelajaran Matematika
  8. Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pembinaan Tenaga Pengajar
  9. Model Pembelajaran Ketrampilan [Sutau Penerapan Pada Belajar Praktik Permesinan]
Istimewanya buku ini setiap disertakan instrumen berbentuk angket yang digunakan untuk melihat efektivitas progam, dan instrumen tersebut dapat digunakan sebagai patok duga [bechmarking]. Beberapa bab juga menyertakan rangkuman bahasan
Data Buku:
JUDUL: Model Pembelajaran-Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif
PENULIS: Prof. Dr. Hamzah B. Uno, MPd
PENERBIT: Bumi Aksara . Jl. Sawo raya No. 18 Rawamangun Jakarta. 13220
ISBN: 979-010-170-8
TEBAL:: x + 229 hlm, 23 Cm
CETAKAN: Pertama September 2007
SECUIL SADAPAN
Berbagai pendapat tentang strategi pembelajaran yang dikemukakan oleh para ahli pembelajaran [instructionsl technology]:
  1. Kozna [1989] Secara umum menjelaskan bahwa strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu
  2. Gerlach dan Ely [1980] Menjelaskan bahwa strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Selanjutnya dijabarkan oleh mereka bahwa strategi pembelajaran dimaksud meliputi sifat lingkup dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar peserta didik
  3. Dick dan Carey [1990] menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen meteri pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang/atau digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Menurut mereka strategi pembelajaran buykan hanuya terbatas pada prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disapaikan kepda peserta didik
  4. Gropper [1990] mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuaiu dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Ia menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktikkan

No comments: