Google

Thursday, May 13, 2010

FACEBOOK FOR SEKOLAHAN

Pemberitaan negatif terkait facebook telah menjerit seru di hulu media Indonesia, tak kurang pemberitaan TV hingga koran harian. Facebook tergambar seperti monster menakutkan membahawa bahaya berakibat celaka. Ternyata dibalik itu semua ada yang tersimpan dan tak terungkap secara tajam. Bahwa Facebook punya mafaat yang mulia. Tak hanya tergambarkan menakutkan, namun lebih membawa nilai-nilai budaya. Artinya facebook mempunyai akibat linier dari penggunanya, jika digunakan dengan niatan cantik akan melahirkan hal yang baik, namun jika difungsikan tujuan jahat akan panen laknat. Fecebook bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran, mungkin juga menjadi pesaing sekolah karena dahsyatnya manfaat.Facebook juga dapat bergerak menjadi daya dukung sekolah, mulai dari sarana interaksi siswa dan gurunya, karena fungsi "event" dapat disulap sebagai sarana pengumuman hingga menayang jadwal pembelajaran. Juga dapat memberikan pengakayaan "Enrichment" siswa, karena fungsi "Link" dapat menghubungkan berbagai rujukkan, atau bahan kepustakaan.
Kini guru akan dimudahkan pada persoalan pembelajaran, karena facebook sudah menjadikan bagian siswa, hampir semua mengenalnya. Orang tua siswapun dapat bergabung, dan secara tidak langsung menjadi penguhubung. Tentu secara terselubung orang tua ikut bergabung, juga mengontrol ketikan kegiatan berlangsung.
Apa saja yang dibahas buku ini?
Pada bab I buku ini dibentangkan kehebatan internet ketika menjadi sarana pembelajaran online, kemudian juga dipaparkan kelebihan facebook guna menunjang proses pembelajaran. Kehebatan facebook terkait dengan kemampuan multibahasa dapat menaggulangi keterbatasan bahasa. Kemudian secararingkas juga diberikan tuntunan bagaimana membuat Account Facebook.
Pada Bab II, Facebook diungkap secara detil mulai dari pembuatan account hingga fungsi-fungsi yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran
Pada Bab III, dibentangkan Desain Sistem Penunjang Belajar, meliputi penggunaan facebook dalam penyampaian pelajaran, pembuatan jadwal hingga Evaluasi. Dan bagaimana mendayagunakan facebook untuk interaktif/diskusi
Pada Bab IV, yakni memaparkan cara memberikan penunjang pembelajaran, mulai dari cari membuat link pelajaran, membuka materi penunjang pada link, pemberitahuan materui melalui status. Selanjutnya juga dibentangkan cara membuka materi pelajaran melalui note, sekaligus cara mendistribusikan.
Pada Bab V, Mengungkap cara menyusun jadwal pelajaran dan skedule evaluasi.
Pada Bab VI,Memanfaatkan Link untuk diskusi dan cara mempelajari materi sekaligus cara berargumentasi pada topik diskusi.
Bab VII, Adalah bab yang mengupas setting facebook dari ponsel.
Data buku
JUDUL: Facebokk For Sekolahan
PENULIS: Hengky Alexander Mangkulo
PENERBIT: PT Elex Media Komputindo. Kompas Gramedia. Jl. Palmerah Barat 29-37. Jakarta 10270. Telp: (021) 53650110 - 5365111. Web Page: http://www.elexmedia.co.id
ISBN: 978-979-27-7420-70
CETAKAN: I Maret 2010
TEBAL: viii + 188 halaman
[]

No comments: