Google

Thursday, May 20, 2010

MENJADI GURU KREATIF SAMPAI MATI

Guru harus mengekplorasi diri dqan terus meneruerus memperbaiki citra dirinya, kalau tidak maka dapat dipastikan menjadi profesionalis usang. Betapa tidak kini perkembangan teknologi terus menerus menggerus, seakan menghilangkan peran seorang guru yang tidak mau maju. Desain pembelajar dituntut untuk selalu berirama pasa dengan kemajuan/ Di sinilah guru harus menata harmoni untuk berbuat lebih pada siswanya. Buku ini membantu, memberi jalan agar guru dapat berperan optimal, malakukan perbaikan terus menerus agar siswanya menyintai. Secra ekstrem judul buku ini memotivasi agar guru berbuat berlebih-lebihan untuk siswanya. Dan konsekuensi yang akan diperoleh adalah cinta siswa sepanjang hayatnya.
Babrara Allman dan Sara Freman penulis buku aslinya, menyarankan bagaimana guru mau mengubah cara mengajar, dan bagaimana guru membangun motivasi siswa, agar dapat dengan mudah menerima pelajaran. Menyelipkan strategi bagaimana membangun diri, harus dilakakukan dan inherent disetiap pembelajaran. Disarankan pula agar guru juga membingkai siswanya untuk memiliki kesadaran akan budaya yang sarwa beda. Guru harus mampu mencipta kesadaran siswa agar tidak sekedar tahu namun paham akan multi budaya. Tip-tip kecil seperti ketrampilan belajar harus dipompakan kepada siswa.
Guru harus mampu mengurai konflik siswa, demikian sara buku ini. Karena konflik adalah sumber pencegah paling dahsyat masukkan pembelajaran. Konflik yang dapat diurai akan menyuburkan semngat belajar siswa.
Pada bab lain juga diketegahkan sebuah anjuran agar guru secara intensif mengerahkan potensinya untuk mengondisi siswa agar betah di kelas sekaligus di sekolahan. Tentunya kata akhirnya adalah bagaimana siswa betah belajar dan rindu belajar.
Data buku
JUDUL: Menjadi Guru Kreatif Agra Dicintai Murid Sampai Mati
PENULIS: Barbara Allman, Sara Freeman
PENERJEMAH : Sutrisno, SPd
ISBN: 979-1709-40-8
PENERBIT:Golden Books. Jl. Sidikan Gg. Perdana UH VI/114 B Tegalsari Sorosutan, Yogyakarta. Tekp:/Faks. 0274-3888326. E-mail; diglossiamedia@yahoo.com
CETAKAN: I- 2010
TEBAL: 240 halaman
[]

No comments: