Google

Monday, May 10, 2010

MANAJEMEN BELAJAR BERBASIS KEPUASAN SISWA

Kakeknya 'kualitas' Edward Deming pernah mengatakan bahwa saat ini yang mengaku sebagai penghuni dunia yang tiada batas, harus paham kualitas. Mau tidak mau, suka atau tidak paradigma lama harus dijungkirkan, dan segera masuk paradigma baru. Dulu pencitraan selalu terkait dengan apa mauku, orang menyebut 'drive company'-segala-galanya ditentukan perusahaan/pabrik/produsen. Hal ini rupanya juga menjangkiti sekolah atau universitas-'driver school, atau driver university'. Ternyata ketika di implementasikan banyak yang mengeluh. Keluhan terutama pada tingkat kepuasan yang diperoleh. Sekarang harus segera mengejawantah pikiran cerdas, bahwa paradigma baru harus digugu, segera berubah mendepankan kepuasan pelanggan alias kepuasan siswa ( driver costumer). Kini ternyata telah berbuah perilaku baru di kalangan pendidikan, yakni bagaimana terciptanya pembelajaran yang mengedepankan kepuasan siswa. Karena kepuasan siswa akan menjadi pemicu lahirnya kualitas secara dahsyat dan tergandakan. Pada gilirannya dunia pendidikan akan menjamin terjadinya perbaikan secara terus menerus [continous improvement], dan pada sekala jauh akan membawa dunia pendidikan ke ranah TQM [Total Quality Management].
Pada bab I buku ini dibentangkan tentang Konsep Sekolah Bermutu, mulai dari latar belakang mengapa muncul gerakan mutu, selanjutnya diurai mengenai terminologi mutu hingga pemahaman konsep mutu dalam dunia pendidikan. Dari berbagai pemahaman ini, difungsikan sebagai langkah awal menuju Total Quality Management dalam pendidikan. Selanjutnya bahasan akhir bab I ditutup dengan Model Sekolah bermutu.
Pada Bab II diurai secara detil mengenai Manajemen Belajar, Teori, Prinsip dan Strategi Belajar.
Terkait dengan kepuasan siswa dan beberapa indikator kepuasaan siswa dibahas pada bab III.
Data buku
JUDUL: Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa.
PENULIS:Dr. Popi Sopiatin, MPd.
PENERBIT: Ghalia Indonesia Jl. Rancamaya KM 1 Warung Nangka N0.47 Ciawi-Bogor 16720. Telp: [0251] 8240628. E-mail: umk@yudhistira-gi.co.id. www.yudhistira-gi.co.id
ISBN: 978-979-450-546-5
CETAKAN: Maret 2010
TEBAL: 126 halaman.
[]

2 comments:

cipto said...

harga bukunya kira2 berapa ya?? di solo ada apa tidak?
trima kasih....

Unknown said...

di surabaya ada apa tidak ya?
trimakasih