Google

Saturday, July 7, 2012

GURU BAGAIKAN MENGAIL IKAN


KONTRIBUTOR:
NAMA         : SITI NUR HIDAYAH
ALAMAT      : Dsn. Semambung RT 02 RW 05, Driyorejo,Gresik.
PENDIDIKA   : UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
JURUSAN    : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Guru adalah malaikat dunia yang memberikan jalan kepada generasi muda bangsa untuk meraih cita-cita, dengan hati yang tulus beliau berbagi ilmu kepada peserta didiknya, yang beliau inginkan bukanlah sekedar harta sebagai balasannya, tetapi jerih payahnya akan lebih terbayarkan apabila anak didiknya mampu meraih prestasi setinggi-tinginya, beliau selalu ada  ketika anak didiknya membutuhkan bantuannya, dengan senyum kesabaran, beliau mengajarkan pendidikan setiap harinya, keterbatasan yang setiap kali menghadang didepan mata sering ia hiraukan demi mewujudkan keinginannya, keinginan yang sungguh luar biasa dan mulia, yaitu mampu menghantarkan generasi muda bangsa kegerbang keberhasilan nantinya. Guru kau adalah manusia yang telah dihadirkan dibumi ini untuk selalu memberikan penerangan agar tidak ada yang tersesat dalam sebuah jalan menuju kegelapan.

            Guru itu seperti cara memancing ikan, dalam proses memancing ikan dibutuhkan alat-alat yang dapat menunjang kita untuk nantinya dapat memperoleh hasil pancingan yang optimal, begitu juga halnya sebagai seorang guru, seorang guru untuk dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas, maka juga harus memerlukan peralatan untuk dapat menghasilkan sebuah hasil yang optimal pula, namun, sebelum menggunakan peralatan yang telah disiapkan, langkah utama yang harus diperhatikan adalah kualitas guru, kualitas seorang guru harus baik  terlebih dahulu, baik dalam menguasai materi pembelajaran disekolah, kemudian penerapan pendidikannya disekolah, cara mengajarnya, dan lain sebagainya. Karena apabila kualitas guru sudah baik maka dalam proses penerapan pembelajaran disekolah juga akan baik pula.

            Dalam proses memancing ikan, peralatan yang dibutuhkan untuk memancing ikan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan lokasi memancing. Memancing ikan disungai tentunya peralatannya berbeda dengan memancing ikan dilaut, nah.., begitu pula sama halnya dengan proses pembelajaran, guru harus pandai dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya, artinya dalam melaksanakan proses belajar mengajar , seorang guru harus dapat mereka-reka sisi penunjang dalam proses pembelajaran serta sisi penghambatnya ketika melakukan proses mengajar dilapangan  tempat ia mengajar nantinya.
alat-alat utama yang diperlukan dalam memancing ikan, diantaranya adalah:
·       Joran: menjadi bagian terpenting dalam daftar macam-macam peralatan memancing ikan, sebab tanpa joran pemancing akan kesulitan untuk menyimpan pancing ditempat yang penuh ikan,
·       Joran juga diperlukan untuk seorang guru, arti joran bagi guru itu sendiri adalah:
* J nya mewakili kata JUJUR
* O nya mewakili kata OPTIMIS
* RA nya mewakili kata RAJIN
* sedangkan N nya mewakili kata NIAT yang tulus dan baik.
 Jadi JORAN juga harus dimiliki seorang guru untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal dan agar menghasilkan hasil yang optimal pula.
·       Pancing juga menjadi alat utama dalam macam-macam peralatan memancing ikan, sebab tanpa pancing, ikan yang makan umpan akan mudah lepas, alat ini dimanapun lokasinya harus tetap ada,yang berbeda hanyalah variasi dan kekuatannya.
·       Pancing juga sangat diperlukan oleh seorang guru agar terwujud sebuah pempelajaran yang aktif dan menarik bagi seorang siswa sehingga dalam mengikuti pembelajaran, siswa merasa nyaman dan tidak merasa terbebani dalam belajarnya, maksud Pancing disini adalah seorang guru harus pandai memancing suasana kelas, agar tercipta pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi peserta didik.
·       Alat yang dibutuhkan dalam memancing selanjutnya adalah Umpan, Umpan adalah sesuatu yang biasanya dipasang dipancing yang digunakan untuk menarik perhatian ikan yang akan dipancing. Semakin kecil ikan yang akan dipancing maka harga umpannya pun tidak terlalu mahal. Bahkan jika kita memancing disungai, kita dapat menggunakan cacing sebagai umpannya, dan cacing dapat kita peroleh dengan mencarinya dipinggir selokan dan tanah yang gembur.
·       Umpan juga dibutuhkan oleh seorang guru, Umpan yang dimaksud disini adalah Usaha Mencuri Perhatian siswa, jadi seorang guru harus mampu menarik perhatian siswa agar ia mau mengikuti proses pembelajaran dengan baik, umpan yang digunakan dapat berupa Metode-Metode yang menarik dalam pembelajaran, agar siswa timbul rasa tertarik untuk belajar.
Nah.., itu adalah alat-alat atau hal-hal yang digunakan dalam menunjang keberhasilan dalam memancing dan dalam guru mewujudkan keberhasilan dalam proses belajar mengajar.
Selanjutnya adalah cara memancing ikan itu sendiri,

     Dalam memancing ikan hal yang utama diperlukan adalah usaha, kesabaran,  dan selanjutnya adalah ikhtiar kepada Y.M.E, sama halnya sebagai seorang guru,  seorang guru harus mempunyai usaha yang gigih untuk menghasilkan peserta didik yang unggul dan berkualitas, tidak hanya usaha saja yang dituntut untuk dimiliki setiap guru, melainkan guru harus mutlak memiliki hal itu, tetapi juga kesabaran yang tinggi ketika melakukan proses belajar mengajar dilapangan, karena setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda dibidangnya, jadi kesabaran seorang guru itu sangatlah dibutuhkan, dan jika usaha serta kesabaran sudah kita lakukan sebagai seorang guru, maka yang terakhir adalah ikhtiar dengan hasil yang akan kita dapatkan nantinya, karena barang siapa yang menanam kebaikan, maka hasil akhirnya nanti akan baik pula.
Guru adalah sepeti cara memancing, yang dalam pelaksanaan dibutuhkan sebuah usaha, kesabaran yang tinggi serta ikhtiar kepada Yang Maha Esa.


Guru itu seperti mata kail ikan, tajam pemikirannya hingga mampu menembus semua lapisan insan manusia.



No comments: