Google

Monday, July 23, 2012

GURU SEPERTI HANDYCAM

KONTRIBUTOR :

Nama                   : Aditya Roli Putra
Kelas / NIM         : III B / 118000107
Jurusan : PGSD 2011
Guru sebagai handycame yaitu seseorang yang mampu menerangi jiwa muridnya dalam mencari ilmu di sekolah, serta dapat memfokuskan anak didiknya yang mampu berdisiplin dan mempunyai berbudi luhur yang baik. Masyarakat menempatkan guru pada tempat lebih terhormat dilingkungannya karena dari seorang guru diharapkan masyarakat dapat memperoleh ilmu pengetahuan. Ini berarti bahwa berkewajiban mencerdaskan bangsa menuju pembentukan manusia indonesia seutuhnya yang berdasarkan pancasila. Keberadaan guru bagi suatu bangsa amatlah penting, apalagi suatu bangsa yang membangun, terlebih bagi keberlangsungan hidup bangsa ditengah-tengah lintasan perjalanan  jaman dengan teknologi yang kian canggih dan segala perubahan serta pergesekan nilai yang cenderung memberi nuansa kepada kehidupan yang kepada kehidupan yang menuntut ilmu dan seni dalam kadar dinamik untuk dapat mengadaptasikan diri. Sejak dulu, dan mudah-mudahan sampai sekarang guru menjadi panutan masyarakat guru tidak hanya diperlukan oleh para murid di ruangan kelas, tapi juga diperlukan oleh masyarakat lingkungannya dalam menyelesaikan aneka ragam permasalahan yang dihadapi masyarakat.
Kedudukan guru yang demikian itu senantiasa relevan dengan jaman  dan sampai kapanpun di perlukan. Kedudukan seperti itu merupakan penghargaan masyarakat yang tidak kecil artinya bagi para guru, sekaligus merupakan tantangan yang menuntut prestasi yang senantiasa teruji dari setiap guru  bukan saja didepan kelas, tidak saja dibatas pagar sekolah tetapi di tengah masyarakat.
Seorang guru diharapkan mampu untuk merekam segala aktivitas anak didiknya di dalam kelas maupun di luar kelas. Apabila anak didiknya mengalami suatu permasalahan maka seorang guru wajib untuk memberikan penerangan kepada anak didiknya agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan dan tidak membebani anak didiknya.
Bilamana menginginkan karakter yang berbudi luhur yang perlu diperhatikan pertama kali adalah karakter yang dimiliki oleh guru tersebut. Karakter guru harus mencerminkan yang baik untuk muridnya. Ibarat sebuah wadah yang bersih maka ilmu apapun dapat diserap dengan baik, agar dalam menempuh kehidupan ini dapat memperoleh berkah dan hidayah dari Allah SWT, oleh karena itu Allah SWT berjanji kepada semua makhluk yang beriman kepada Allah SWT. Sebagaimana Firman Allah SWT : “Apabila setiap umatku (guru / siswa) yang mencari ilmu maka Aku tambah dan Aku (Allah SWT) limpahkan rahmat yang datangnya tidak dapat diperkirakan sebelumnya”.
Dalam penggalan arti diatas menunjukkan bahwa setiap manusia (guru / siswa) yang beriman yang sedang mencari ilmu merupakan jalan yang diridhoi oleh Allah SWT, sehingga tidak ada yang dirugikan dan Allah SWT akan melimpahkan karuniaNya kepada orang yang mencari ilmu.  Dan sebagaimana dijelaskan dalam Hadist Rasulullah “Tuntutlah ilmu walaupun ke negeri Cina”.
Ilmu tidak memandang usia bilamana kuat untuk menuntut ilmu maka hukumnya wajib baginnya. Jadi sebagai guru juga wajib mencari ilmu agar ilmunya dapat bermanfaat bagi anak didiknya sehingga kelak menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai intelegensi yang tinggi dan memiliki moral yang berbudi luhur.

No comments: