Google

Saturday, July 28, 2012

MODEL PEMBELAJARAN BONEKA UNYIL

MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM DENGAN ACARA TV BUKU HARIAN SI UNYIL

Buku Harian Si Unyil merupakan program acara televisi yang sangat baik untuk ditonton, khususnya bagi anak-anak karena acara ini menayangkan tentang lingkungan sekitar yang dikunjungi oleh unyil dan kawan-kawan. Dimana unyil dan kawan-kawan bersama-sama mengunjungi suatu daerah. mereka menggali potensi sumber daya alam yang dimiliki daerah tersebut. Daerah yang mereka kunjungi tentunya mempunyai daya tarik tersendiri untuk mereka jelajahi. Keunikan budaya, tradisi dan permainan yang dimiliki tiap daerah akan mengisi lembar demi lembar buku harian si unyil sebagai pengalaman yang pernah mereka alami.
Buku harian si Unyil memiliki suatu konsep dimana program ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang lingkungan sekitar. Dalam tayangan buku harian si unyil memberikan informasi dari yang kita tidak tahu menjadi tahu. Dari situlah guru bisa menggunakan konsep yang sama untuk dijadikan sebagai suatu proses belajar mengajar untuk diajarkan kepada anak didik.
Misalnya dalam pelajaran bahasa Indonesia, kebanyakan siswa jenuh jika belajar didalam kelas. Disini seorang guru harus pintar-pintar dalam memberikan suatu pengajaran pada anak didik, yaitu dengan memberikan pelajaran diluar kelas. Dengan mengamati lingkungan diluar kelas, siswa disuruh untuk membuat suatu cerita di lingkungan sekitar. Untuk menggali potensi dari seorang anak didik, guru bisa menyuruh untuk menceritakan lingkungan yang mereka temukan.
Tidak hanya pelajaran bahasa Indonesia saja, pelajaran lain pun bisa memakai konsep acara televisi Buku Harian si UNyil ini, misalnya pelajaran IPA, seorang siswa disuruh untuk mengumpulkan jenis-jenis tumbuhan yang ada disekitar lingkungan sekolah. Kemudian siswa menjelaskan kepada teman-temannya yang lain di depan kelas. Disitulah seorang guru bisa membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa acara televisi Buku Harian Si Unyil bisa dijadikan suatu strategi pembelajaran paikem (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) dimana seorang siswa bisa lebih aktif, inovatif dan kreatif. Disamping itu siswa juga tidak akan jenuh, karena pembelajaran yang dilakukan lebih menyenangkan dengan kondisi lingkungan yang berbeda dari biasanya.

KONTRIBUTOR:

NAMA                          : EKA OKTAVIANI CAHYANINGTYAS
NIM                              : 11-8000-191
KELAS                          : 2011-D
TTL                              : SIDOARJO, 04 OKTOBER 1993
HOBI                             : Baca Buku, Dengerin Musik, Online ^_^
KESUKAAN                   : AKU ITU SUKA SAMA HAL YANG LUCU-LUCU

No comments: