Google

Thursday, July 12, 2012

GURU SEPERTI AIR LAUT


Nama        :  Nuril Mahmudin                                                     
Nim           : 118000023/ 2011 c

Guru itu seperti air laut yang memberikan begitu banyak berkah dan manfaat bagi sekitarnya. Air merupakan sumber kehidupan yang perananya sangat dominan bagi kelangsungan hidup. Begitu pula dengan seorang guru, meskipun bukan merupakan sumber, tapi guru merupakan perantara yang peranannya tak kalah penting  terhadap perkembangan anak bangsa dimasa yang akan datang. Dengan adanya guru maka pendidikan akan lebih mudah berjalan, ilmu akan lebih muda diperoleh, dan proses pembelajaran pun akan mengarah ke arah yang benar.
Air laut memberikan nyawa kehidupan begitu pula dengan seorang  guru. Guru pun memberikan nyawa kehidupan dengan ilmu yang dimilikinya. Ilmu yang diajarkan kepada anak-anak didiknya bertujuan untuk mengembangkan dan mengarahkan kehidupan mereka yang nantinya akan berguna bagi diri mereka sendiri dan bagi orang lain.
Jernih air laut memberikan gambaran betapa bersih dan betapa indah kehidupan didalamnya, ibaratkan seorang guru yang memiliki niat suci untuk mendidik muridnya. Guru ingin melihat anak-anak  didiknya menjadi seorang yang sukses, berguna bagi dirinya sendiri dan masyarakat. Tak ada satupun guru yang ingin melihat anak didiknya gagal dan berhenti ditengah jalan. Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah tugas utama seorang guru, masa depan akan ditentukan oleh para generasi muda yang akan datang, anak-anak memiliki jiwa dan hati yang masih suci dan jernih seperti air laut. pemupukan diri harus dilakukan sejak usia dasar karena hal itulah yang akan sangat menentukan nantinya. Apabila seorang anak diarahkan ke arah hal yang positif maka anak akan dapat menjadi pribadi yang baik begitu pula sebaliknya. oleh karena itu guru memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan bangsa, untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik dan sesuai dengan apa yang diimpikan .

Laut memilik wilayah yang luas sejauh mata memandang tak kan ditemukan ujung laut tersebut, sama halnya dengan seorang guru, guru memiliki pengetahuan dan wawasan yang begitu luas dan semua itu akan diwariskan kepada anak didiknya. Guru akan mengajarkan segala hal yang diketahui dan dimilikinya untuk anak-anak didiknya. Tanpa mengenal lelah dan mengharapkan imbalan seorang guru akan terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi mereka. Ilmu pengetahuan tidak memiliki batas dan akhir karena ilmu akan  selalu berkembang dari waktu ke waktu seiring berkembangnya zaman. Dunia ada digenggaman tangan kita, itulah istilah yang sering kita dengar, dengan banyak membaca, menonton televisi, mendengarkan radio, internet, dsb. Maka ilmu pengetahuan yang kita miliki akan semakin bertambah.
Laut memilik terumbu karang yang digunakan sebagai rumah oleh makhluk hidup disekitarnya. Terumbu karang bagaikan pondasi yang kokoh membentang disepanjang lautan. Guru itu seperti batu karang karena guru adalah seorang yang memiliki jiwa yang keras, memiliki tujuan untuk melindungi anak-anak didiknya dari segala hal yang berpengaruh buruk. Guru bertugas untuk membangun pondasi-pondasi kehidupan  dalam diri anak-anak didiknya. Membangun pondasi-pondasi kokoh yang bertujuan untuk membangun kepribadian dan pendirian yang baik, karena suatu saat pondasi tersebut akan menjadi  cikal bakal kekuatan bangsa dan Negara  yang juga akan menjadi pandangan hidup seluruh dunia.
Seorang guru memilik sifat seperti ombak besar di laut, dimana ia akan menghantarkan gelombang-gelombang ilmu bagaikan keras ombak yang tak henti-hentinya datang , sehingga anak didiknya memiliki pengetahuan yang luas dan semakin padat seperti pasir yang tergerus oleh ombak. Air laut memiliki kekuatan yang besar untuk memberikan kehidupan, air laut juga memiliki kekuatan yang besar untuk memberikan kehancuran disekitarnaya. Sebagai seorang  guru, guru memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membuat hidup seseorang menderita atau gembira. guru sangat berperan akan nasib dan masa depan generasi muda yang akan datang. Nanun guru tidak selalu bisa membangun masa depan bagi generasi muda tapi guru bisa membangun generasi muda untuk masa depan. Hal yang perlu diingat untuj generasi guru dan generasi muda yang akan datang bahwa Tidak ada akhir dari perjalanan hidup. Perjalanan hidup akan selalu dimulai dan dimulai inilah awal dari perjalanan hidup


No comments: