Google

Wednesday, August 29, 2012

ACARA TV DAHSYAT DAN GURU


ACARA DAHSYAT
Dahsyat adalah sebuah program acara musik di RCTI yang menghadirkan penampilan musisi-musisi ternama tanah air dalam membawakan lagu-lagu hitsnya. Dahsyat RCTI dipandu oleh pasangan kocak Raffi Ahmad dan Olga syahputra. Acara yang sering menampilkan kelucuan dari para pemandu acaranya ini dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan. Acara ini juga menayangkan tangga lagu beserta video klip dari musisi-musisi papan atas Indonesia.
Acara dahsyat merupakan acara musik yang didesain secara  unik. Dengan menyelingi pengetahuan umum tentang kebudayaan Indonesia, kuis, game, dan segala informasi yang sedang hangat-hangatnya. Pada acara ini juga memiliki tema dalam setiap episode contohnya pada hari sabtu temanya dahsyatnya Indonesia, pada hari minggu temanya dahsyatnya keluarga, dan selalu mengambil tema dahsyatnya peringatan hari-hari besar jika bertepatan dengan peringatan hari-hari besar. Selain itu pada acara dahsyat tidak hanya dilakukan di studio RCTI saja, terkadang juga out door.
Acara TV Dahsyat jika dikaitkan dengan Metode pembelajaran
  Acara dahsyat merupakan acara TV yang sangat kreatif dan inspiratif jika dikaitkan dengan sistem pembelajaran. Konsep acara dahsyat ini cocok sekali diterapkan pada proses pembelajaran di SD kelas 1,2,3 karena sesuai dengan model pembelajaran tematik. Model pembelajaran tematik ini merupakan suatu usaha untuk mengintegrasikan pengetahuan, kemahiran dan nilai pembelajaran serta pemikiran yang kreatif dengan menggunakan tema. Dengan kata lain pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta siswa. Dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik, siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya. Dengan menggunakan pembelajaran tematik ada kelebihannya seperti :
  1. 1.     Menyenangkan karena berangkat dari minat dan kebutuhan siswa.
  2. 2.     Memberikan pengalaman dan kegiatan belajar mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa.
  3. 3.     Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna.
  4. 4.     Mengembangkan keterampilan berpikir peserta didiksesuai dengan persoalan yang dihadapi.
  5. 5.     Menumbuhkan keterampilan sosial melalui kerja sama
  6. 6.     Memiliki sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
  7. 7.     Menyajikan kegiatan yang bersifat nyata sesuai dengan persoalan yang dihadapi dalam lingkungan siswa.
      Dari segi presenter dalam acara dahsyat ibarat guru dalam kelas. Guru adalah teman bagi siswa jadi antara guru dan siswa itu tidak ada jarak sehingga siswa dapat dekat dengan guru tanpa ada rasa takut, seperti halnya Raffi dan olga yang dekat dengan penonton. Selain itu guru harus memahami latar belakang siswa agar dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.  jika guru itu menyenangkan maka siswa akan bisa menerima pelajaran yang akan disampaikan. Karena belajar bukan tuntutan tapi kebutuhan. Dengan pembelajaran tematik siswa tidak akan bosan jika gurunya bisa mendesain pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa. Pada model tematik memang ditekankan pada kegiatan yang kontekstual agar siswa dapat memahami secara jelas. Konsep dahsyat yang tidak hanya dilakukan di studio RCTI saja bisa memberikan inovasi pada proses pembelajaran yang tidak harus dilakukan didalam kelas melainkan diluar kelas dengan begitu siswa mendapatkan suasana baru yang dapat meningkatkan motivasi belajar. Dari program acara dahsyat dapat memberikan pengetahuan baru dan dapat meningkatkan rasa nasionalisme.

Guru biasa memberitahukan
Guru baik  menjelaskan
Guru ulung memeragakan
Guhu hebat mengilhami
Guru yang sempurnah adalah guru yang dapat membahagiakan anak didiknya.

PROFIL KONTRIBUTOR
Nama saya Ulil Maghfirotul Ilmi bertempat tinggal di Ds. Jedongcangkring Dsn. Cangkring RT 02 RW 01 Prambon-Sidoarjo. saya lahir di Sidoarjo tanggal 8 Maret 1993. Saat ini saya berumur 19 tahun. Saya anak pertama dari 2 bersaudara.
Riwayat pendidikan,  saya bersekolah di TK Darma Wanita Ds. Jedongcangkring. Dimana pada jenjang ini gurunya adalah guru yang sangat hebat dan berjasa sekali dalam hidup saya, guru yang mengajarkan saya pertama untuk menulis, membaca, dan bermain sampai saya bisa seperi ini. Setelah tamat TK saya bersekolah di SDN Jedongcangkring II, kemudian setelah lulus saya melanjutkan kejenjang pendidikan  di SMP Negeri 1 Wonoayu dan masuk SMA Negeri 1 Krian. Suatu kebanggaan buat saya dan kedua orang tua saya bahwa saya bisa melanjutkan jenjang pendidikan keperguruan tinggi yakni di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya saya mengambil prodi PGSD. Karena saya ingin sekali menjadi seorang guru. Menurut saya guru adalah sosok yang sangat mulia.
Selain itu saya juga mempunyai beberapa jejaring sosial seperti facebook Uleyl_ying@yahoo.com (UyiingYing Uying) Twitter yinguying@yahoo.com ( Yingying)
Suatu cita-cita terbesar saya adalah menjadi guru yang kompeten,unggul, dan berkarakter. Guru yang tidak hanya mengajar tetapi juga mendidik.
Motto saya adalah seorang pemenang adalah seseorang yang bangkit ketika tidak bisa

No comments: