Google

Thursday, August 16, 2012

TERMEHEK MEHEK DAN PEMBELAJARAN

TERMEHEK-MEHEK
            Acara termehek-mehek ini jika dikaitkan dengan konsep pembelajaran itu saling berkaitan, karena gambaran-gambaran dalam acara ini untuk memeperoleh tujuan yang akan di capai itu dapat terwujud. Maksudnya saat client yang minta tolong kepada tim termehek-mehek akan mencari atau ingin bertemu dengan seseorang, maka dalam akhir pencariannya akan bisa bertemu dengan seseorang yang di carinya di sertai dengan usaha-usaha yang ada dalam acara termehek-mehek tersebut. Dan acara termehek-mehek ini langsung terjun ke lapangan untuk menyukseskan proses pencarian yang dilakukan, maka guru juga harus bisa mendidik peserta didiknya secara langsung agar proses pembelajaran bisa berjalan secara efektif dan efisien. Guru yang diumpamakan sebagai tim termehek-mehek serta peserta didik diibaratkan sebagai client.
Saat tim termehek-mehek memberikan perhatian kepada client agar dapat mengikuti acara dalam pencarian dari awal hingga akhir. Maka tim harus menyiapkan strategi atau usaha yang dapat membuat client merasa nyaman dan sabar untuk melakukan pencariannya. Sebaliknya guru juga harus bisa memberikan perhatian agar peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dari awal sampai akhir. Dengan memberikan berbagai rangsangan sesuai dengan kondisi yang ada, seperti menggunakan berbagai media belajar yang dapat menarik perhatian dari peserta didik.
Jika tim termehek-mehek berusaha untuk memberikan semangat atau dorongan kepada client saat dalam pencarian yang di lakukan tersebut. Dan bisa membuahkan hasil dari tujuan yang diinginkan client agar bisa terwujud, dengan begitu tim termehek-mehek harus bekerja keras untuk menyelesaikan pencarian dengan baik. Guru juga harus bertindak untuk memotivasi peserta didiknya. Agar peserta didik mempunya tujuan selama belajar, maka peserta didik perlu dijelaskan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran, manfaat materi yang akan dipelajari oleh peserta didik, dan tugas-tugas yang harus diselesaikan selama pembelajaran. Setelah itu tujuan yang akan dicapai peserta didik tentang kemampuan dan upaya yang harus dilakukan dapat tercapai dengan baik.
Selanjutnya tim termehek-mehek miminta informasi kepada client dari tempat-tempat yang akan dituju untuk proses pencarian yang akan dilakukan. Karena informasi tersebut sifatnya sangat penting untuk proses pencarian, dari situlah tim termehek-mehek bisa menentukan strategi untuk pencarian dan tempat-tempat mana sajakah yang akan dituju saat proses pencarian berjalan. Dengan begitu pencarian dapat dilakukan secara tuntas dan berjalan lancar. Kinerja guru pun perlu untuk menyajikan bahan kepada peserta didik berupa pokok-pokok materi dari bahan ajar. Sebelum itu guru sudah harus menentukan bahan apa yang akan disajikan, berdasarkan dari jenis kemampuan peserta didik yang akan dipilih untuk bentuk penyajiannya sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan lancar.
Apabila dalam pencarian yang dilakukan sedikit terganggu oleh faktor-faktor luar yang tidak diinginkan dari client, maka tim termehek-mehek harus bisa memberi arahan atau masukan pendapat saat proses pencarian. Harapannya arahan atau masukan pendapat tersebut diberikan dengan maksud tujuan dalam pencarian tidak terhambat dan bisa lancar saat proses pencariannya. Faktor guru dalam memberikan bimbingan belajar kepada peserta didik juga sangat berperan penting. Oleh sebab itu, bimbingan belajar yang diberikan guru terhadap peserta didiknya itu penting. Dengan tujuan untuk membantu peserta didik agar mudah mencapai tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dicapai peserta didik pada akhir pelajaran.
Usaha tim termehek-mehek itu harus bisa meminta keterangan kepada client tentang seputar seseorang yang akan dicari agar dapat menemukan titik temu yang jelas. Dapat pula membantu proses pencarian agar lebih cepat dan bisa berjalan dengan baik. Yang dimaksudkan itu guru memberikan umpan balik kepada peserta didik sebagai fase belajar yang terpenting. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari umpan balik yang diberikan, maka perlu keterangan tentang tingkat unjuk kerja yang telah dicapai peserta didik dalam proses pembelajaran.
Setelah hasil dari keterangan diperoleh, maka tim termehek-mehek bisa menyimpulkan apa yang harus dilakukan agar mencapai titik temu yang jelas dan proses pencarian bisa dikatakan sukses atau sesuai harapan awal yang mana client bisa bertemu dengan seseorang yang dicarinya. Pada akhirnya guru dapat menilai dari unjuk kerja peserta didik yang merupakan peristiwa dari pembelajaran. Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa peserta didik dapat mencapai tujuan dari proses pembelajaran tersebut.
·       KESIMPULAN
Dari proses pencarian tadi benar adanya jika dikatakan membutuhkan waktu yang cukup lama, karena ini termasuk proses pencarian seseorang yang dilakukan oleh client dan dibantu dari pihak tim termehek-mehek. Serta diperlukan usaha-usaha agar proses pencarian bisa berhasil, dari yang belum bisa bertemu dan pada akhirnya client bisa bertemu seseorang tersebut. Jadi suatu proses pembelajaran itu tidak dapat berhasil jika dilakukan secara instal, maka harus ada tingkatan-tingkatan untuk melakukan proses pembelajaran serta membutuhkan waktu untuk menempuh proses tersebut. Peran guru dalam proses pembelajaran juga penting bagi peserta didik, karena peserta didik membutuhkan fasilitator dari guru untuk menempuh proses pembelajaran. Dari yang tidak tahu sampai pada akhirnya peserta didik tahu tentang pembelajaran yang dilakukan tersebut oleh guru yang sudah membimbingnya.

·       KATA-KATA BIJAK
Mengajar bukan profesi, tapi mengajar adalah kegemaran.
Aku mengambil suatu kesimpulan yang menakutkan.
Bahwa aku adalah unsur penentu di dalam kelas.
Pendekatan pribadikulah yang menciptakan iklimnya.
Juga suasana hatikulah yang membuat cuacanya.
Sebagai seorang Guru, aku memiliki kekuatan yang sangat besar.
Untuk membuat hidup seseorang menderita atau gembira.
Aku juga bisa menjadi alat penyiksa atau pemberi ilham.
Serta bisa bercanda atau mempermalukan.
Dan melukai atau menyembuhkan dalam semua situasi.
Reaksikulah yang menentukan, apakah sebuah krisis akan memuncak atau mereda?
Dan apakah seseorang akan diperlakukan sebagai manusia atau direndahkan?

KONTRIBUTOR:
Hayyy... hayyyyy..... namaku Indah Yuni Faoziah. Aku tinggal disebuah tempat yang namanya belum saatnya untuk dzuhur, yaitu kawasan yang berinisial sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha, lebih tepatnya ada di daerah SIDOARJO. Umurku saat ini menginjak dari penjumlahan berikut ini: 6 + 7 ( 25 x 27 ) : 3 – 2906 = ? Serta cita-citaku itu sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang berada di Sekolah Dasar. Semoga bisa tercapai ya, CEMUNGUT INDAH......................... :-* Amin Ya Rob....................................................

No comments: