Google

Tuesday, August 14, 2012

ACARA TV ISLAM ITU INDAH, MENGINSPIRASI GURU


ISLAM ITU INDAH

               Islam itu indah adalah salah satu acara di stasiun TV yaitu Trans TV. Setiap pagi saya selalu mendengarkan acara tersebut. Entah kenapa saya begitu sangat senang dengan acara tersebut, di samping ke islamiannya sangat kuat tetapi acara tersebut sangat tidak membosankan karena saya sangat bisa mengambil dari hikmah acara tersebut. Wah, terkadang kala saya selalu ingat pada diri saya. Cita-cita saya menjadi guru yang handal, guru yang bisa di handalkan dalam berbagai macam maha karya. Kenapa saya bisa ngomong seperti inii ?? untuk mengingat lebih lajut, coba kita ingat bagaimana cara presenter atau ustadz menyapa para audien?? Ya kita andaikan saja beliau menjadi seorang guru. Mungkin termasuk dalam kategori pembelajaran yang paikem. Nahhhh,, temen-temen banyak yang tidak tau ya, apa sih PAIKEM itu? Paikem itu “pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan”.
          Dari cara pak ustadz menyapa audiens saja sudah sangat menyenangkan, begini lah cara menyapa pak ustadz “ jamaaaaaaaa’aaahh oohhhh jamaaaa’ahh” hehe unutuk pertama kali kita mendengarkan mungkin agak sedikit aneh, tapi lama kelamaan masyarakat banyak sekali yang meniru gaya pak ustadz tersebut. Nah itu perlu di contoh untuk seorang guru yang menginginkan pembelajarannya bisa menyenagkan. Untuk kemudian di acara tersebut banyak sekali lelucon yang di lontarkan oleh oak ustadz, sehingga para audiens tidak merasa bosan dan jenuh dengan acara tersebut. Begitu juga buat seorang guru, bagaimana cara kita untuk mengelola dengan taktik kita agar murid-murid kita kelak bisa nyaman dengan materi yang kita ajarkan, Karen anak SD itu butuh kenyamanan, apabila anak-anak tersebut bisa nyaman maka pembelaran PAIKEM tersebut akan berhasil. Atau mungkin dengan cara memberikan suatu games tetapi games tersebut sangat bermafaat. Seperti contoh: permainan tebak kata, atau seorang guru mempergakan gaya orang yang lagi beraktifitas dan murid di suruh untuk menebak jadi anak-anak tersebut tidak akan bosan untuk megikuti pelajaran. Dari permainan atau games tersubut siapa yang menjadi The Winner akan mendapatkan Reward atau nilai tambahan, agar murid tersrbut dapat mengikutinya dengan semangat.
          Kembali lagi ke acara, selanjutnya acara tersebut biasanya memperlihatkan sautu kejadian di layar LCD. Jadi kalau mengingat kenapa acara tersebut menggunakan layar LCD? Kalau di SD bisa di gunakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan seorang anak. Misalnya, di putarkan sebuah CD yang bertemakan Sholat, jadi semua anak bisa mengetahui bagaimana tata cara sholat yang benar, bacaan sholat, tata cara wudlu. Jadi siswa bisa lebih menarik untuk niat rasa ingin tau nya lebih tinggi. Dan guru pun harus pintar-pintarnya untuk membagi waktu antara pelajaran dan refreshing pikiran. Dengan cara pendekatan kepada murid juga adalah salah satu motivator kita sebagai guru SD, dan bukan hanya guru SD tetapi semuanya J. Acara Islam Itu Indah sangat memotivasi saya agar lebih berfikir kritis dengan berbagai masalah dan bisa memecahkannya dengan baik. Dan acara ini bisa mengingatkan kepada semua guru di Indonesia “ Peran Sesungguhnyan dari Penentuan Tujuan”
Tentukanlah Tujuan Bukan Karena Hal Itu Akan membantu Anda untuk Mencapainya, Tetapi Karena hal Itu Akan mengajari Anda
KONTRIBUTOR:
Tentang diriku, mungkin aku hanya perempuan remaja yang masih berumur 19. Di dunia ini aku terlahir dari seorang ibu yang sangat cantik dan baik. Hanya ucapan terimah kasih yang bisa saya ucapkan kepada kedua orang tua saya yang sudah merawat dan mendidik saya sampai sebesar ini. Terlahir dari keluarga sederhana, saya 3 bersaudara J. Rumah saya berada di gresik, rumah yang sangat sederhana dan yang terpenting rumah itu bisa di buat untuk berteduh di kala ada hujan dan sebagainya. Saya sangat mensyukuri atas segala nikmat yang Allah berikan. Widya dwi cahyani nama saya, usually my friends call me WIDY or NDALL. Dan kenapa saya di panggil dengan sebutan NDALL? Wahhhh ceritanya sangat panjang. Di umur saya yang ke 19 ini, saya berharap bisa meneruskan pejuang-pejuang tanah air Indonesia. Saya kuliah di Universitas Adi Buana Surabaya, dan Fakultas Kependidikan Ilmu Pengetahuan (FKIP) ini adalah fakultas saya, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang saya ambil. Sampai saat ini saya masih bergelut di dunia pendidikan. Dan temanlah yang membuat saya bisa bersosialisasi dengan baik, tanpa ada kalian saya bukan apa-apa. Saat ini saya sangat mensyukuri dengan apa yang di berikan sama Allah kepada saya, dengan rasa syukur yang sangat berlimpah saya menjalani semua pekerjaan dengan ikhlas tanpa keluhan yang sangat pilu. Karena dengan sebuah keikhlasan dan ketulusanlah yang membuat kita berhasil. Modal kita yang utama adalah D.U.I.T. (do’a, usaha, ikhtiar, tawakkal). Yuk..yuk yang mau kenal sama aku add Facebook aku ya “ Widya Dwi Cahyani Syahreza” follow Twitter aku juga yuk “ Ndall_afganisme”. Gomawo J

No comments: