Google

Wednesday, August 1, 2012

GURU SAMA DENGAN SEORANG CHEF


Seorang chef dalam memasak harus selalu memperhatikan bahan-bahan dasar yang akan dipakai. Dalam pemilihan bahan-bahan dasar seorang chef selalu teliti dan memilih barang yang baik, segar, dan berkualitas, begitu pula dengan cara pengolahannya. Pengolahan masakan dilakukan secara tepat, agar dapat menghasilkan makanan yang bercita rasa tinggi. Dalam makanan yang berkualitas tinggi, perlu diimbangi dengan cara penyajian yang menarik. Karena hasil dari makanan itu merupakan gambaran dari seorang chef yang membuatnya. Tidak berhenti disitu saja makan yang disajikan dapat membuat orang yang memakannya senang,berenergi, dan merasa kenyang.
            Sama seperti halnya guru, sebelum dia mengajar pasti menyiapkan bahan-bahan yang akan diajarkan pada anak didiknya. Bahan-bahan itu harus memenuhi kebutuhan perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik anak didik. Karena guru dituntut agar dapat menghasilkan anak didik yang memiliki intelegent yang bagus dan berkualitas. Didalam pengajarannya guru harus mempunyai teknik-teknik yang tepat, agar murid tidak merasa bosan dalam belajar. Dalam kegiatan pembelajaran cara penyampaian guru juga sangat mempengaruhi daya tangkap anak didik dalam menangkap dan mememori materi tersebut.  Oleh sebab itu guru harus lugas dan mampu membuat anak didik merasa nyaman dan senang dengan proses belajarnya. Supaya tujuan yang telah ditetapkan dalam pembukaan UUD 1945 yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa” dapat tercapai dengan baik.
Kesimpulan:
Guru perlu memperhatikan bahan dan cara penyampaian materi yang akan disampaikan pada anak didik karena itu mempengaruhi kualitas intelegensi anak didik.

Kata mutiara:
“ OTAK SELALU TERKAIT DENGAN KENDALI KERJA TUBUH SAMA SEPERTI GURU SELALU TERKAIT DENGAN KECERDASAN BANGSA”
SANG KONTRIBUTOR:
 
Nama saya adalah Epril kartika sari, saya adalah seorang perempuan yang dilahirkan di Sidoarjo, pada tanggal 21 April 1993 dengan keadaan alhamdulillah normal dan tidak kekurangan apapun. Riwayat pendidikan saya adalah TK. Dharma Wanita Wonoayu, SMP Negeri 4 Sidoarjo, SMA Negeri 3 Sidoarjo, dan kini saya menjadi Mahasiswa di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dan mengambil jurusan Pendidikan Guru Dekolah Dasar (PGSD). Saya mengambil jurusan PGSD karena saya ingin menjadi Guru SD. Ini alamat email saya epril.kartika93@gmail.com dan epril.moedz@yahoo.com.


No comments: