Google

Tuesday, August 14, 2012

GURU BELAJAR PADA SI BOLANG

PAIKEM merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa melakukan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan keterampilan, sikap, dan pemahaman dengan mengutamakan belajar sambil bekerja, guru menggunakan berbagai sumber belajar agar pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan efektif.
Pendapatku tentang model pembelajaran yang ada di acara televisi seperti acara “SI BOLANG” yang ada di Trans 7. Bisa menjadi pembelajaran PAIKEM yang bisa digunakan guru untuk menciptakan kegiatan belajar yang beragam. Pembelajaran yang biasanya dilakukan didalam kelas saja tetapi dalam model pembelajaran ini guru bisa sesekali mengajak anak-anak untuk lebih mengenal lingkungan sekitar. Belajar merupakan suatu proses aktif dari si  pembelajar dalam  membangun pengetahuannya, bukan hanya proses pasif yang hanya menerima kucuran ceramah guru tentang pengetahuan. Sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa tanpa membuat anak-anak bosan  dalam belajar.  Acara  televisi ini bisa mengembangkan potensi siswa dalam mengenal dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media dalam pembelajaran. Dengan mengajak anak-anak berpetualang kesuatu tempat yang sebelumnya mereka belum ketahui, seperti berkunjung ke desa yang memiliki keanekaragaman  wisataalam. Disamping anak-anak senang jalan-jalan ketempat tersebut, anak-anak juga dapat berperan aktif untuk membangun konsep belajar mengenal lingkungan sekitar, terlibat dan bepartisipasi menemukan dan memecahkan masalah, mengemukakan gagasan dan mempertanyakan gagasan. Anak-anak juga dapat mengetahui manfaat dari beberapa tumbuhan untuk kehidupan, serta dampak jika pohon yang ada di suatu lingkungan ditebang secara sembarangan dll. Guru juga  dapat menggunakan berbagai alat bantu dan cara membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa. Anak-anak juga mendapatkan pengalaman secara langsung dengan mengamati lingkungan sekitar. Tidak membuat anak takut dalam mengungkapkan pendapat  kepada guru. Pendekatan pembelajarn yang digunakan adalah CTL yaitu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan-kegiatan yang signifikan sehingga dapat membantu mereka menghubungkan materipembelajaran dengan konteks kehidupan kesehariannya.
Kata-kata bijak           :
 Berusaha menjadi yang terbaik dalam hidup. Dan memanfaatkan         hidup dengan sebaik-baiknya. Karena setiap detik apa yang kita lakukan takkan bisa terulang lagi.
Kesimpulan            
 : Seandainya saya jadi guru, saya akan menerapkan model pembelajaran PAIKEM dan mencoba untuk menerapkan sebuah metude baru dalam kelas. Agar peserta didik diharapkan mampu aktif, kreatif, dan mampu menyerap meteri pembelajaran yang menyenangkan.

KONTRIBUTOR:

Namaku                      :  Yeny Widiya Puspita Ningrum.
Biasa di panggil          :  Yeny.
Kota asalku                 :  Ponorogo.
Lahir pada tanggal      :  7 Mei.
Hobiku                        :  Maen facebook.hehehehehehehehe. J.
Warna favorite           :  Ungu,,,,,,,pastinya.

No comments: