Google

Friday, August 17, 2012

GURU BAGAI MENANAM POHON CEMARA


Guru itu seperti cara menanam pohon cemara
Pohon cemara yang sedari kecil ditanam di tanah yang subur. Dan selalu dirawat dan disiram setiap hari. Dan kelak pohon cemara semakin lama semakin tumbuh menjadi besar. Pohon cemara pun hidup ditengah terik matahari dan disaat  hujan  turun, pohon cemara akan mendapat guyuran air hujan. Tidak hanya itu, pohon cemara mampu menghadapi tiupan angin kencang. Untuk melewati itu semua pohon cemara tidak berdiri kokoh melainkan pohon cemara akan meliuk-liuk mengikuti arah angin. Apabila pohon cemara berdiri kokoh, pohon cemara akan tumbang dan roboh. Pohon cemara bergerak meliuk-liuk seperti itu tidak hanya membuatnya mampu bertahan akan tetapi, dapat membuat pohon cemara lebih terlihat indah dan cantik untuk di pandang.
Seperti halnya para orang tua yang memilihkan sekolah untuk anak-anaknya, dan orang tua yakin sekolah yang dipilih adalah sekolah yang terbaik untuk anaknya. Selanjutnya peran sekolah yang banyak ambil adil dalam proses perkembangan seorang anak.
Seperti halnya seorang guru selalu menyirami anak didiknya dengan kasih sayang yang tiada tara. Supaya anak didiknya merasa selalu mendapatkan motivasi untuk maju menjadi lebih baik.
Dan pada saatnya nanti seorang anak didik akan menjadi pribadi yang siap untuk mmbaur dimasyarakat. Banyak hal yang akan dihadapi seorang anak didik apabila sudah berada ditengah-tengah masyarakat, hal positif maupun negativ yang akan mereka alami. Pendidikan yang diberikan seorang guru akan bermanfaat apabila anak didik sudah berada di masyarakat. Yang paling utama adalah seorang anak didik apabila memiliki moral dan akhlak yang bagus, maka peserta didik akan mampu memilah dan memilih hal yang bagus dan hal yang tidak bagus untuk mereka pilih.
Seoarang guru yang selalu memberikan pendidikan moral dan akhlak kepada anak didiknya, maka dengan sendirinya anak didik akan mampu untuk melewati segala macam hal negativ maupun positif. Meskipun mereka goyah akan hal itu. Dan apabila anak didik tidak mempunyai pendidikan moral dan akhlak dari seorang guru, seorang anak didik akan jatuh pada hal yang buruk dan menjadikan masa depan anak tidak indah.
Seorang guru juga harus menanamkan karakter pada anak sedari anak itu mulai untuk belajar dalam segala hal. Karena karakter yang dimiliki seorang anak akhir-akhir ini sudah semakin luntur dan hilang. Oleh karena itu pendidikan karakter apabila sudah ditanam pada anak, anak akan mampu dan kuat dalam menghadapi segala rintangan yang ada dalam hidupnya. Dan kelak pandangan orang lain terhadap anak itu baik dan memiliki citra yang baik dalam masyarakat.
Pohon cemara juga memiliki banyak manfaat untuk lingkungan sekitarnya. Salah satu contohnya apabila pohon cemara sudah besar, pohon cemara bisa ditebang untuk dijadikan bahan bangunan, perabotan rumah maupun karya seni berupa patung dan lain-lain. Ibaratnya apabila seorang guru menanamkan dan mengajarkan ilmu yang bemanfaat untuk anak didiknya, maka ilmu itu akan berguna untuk anak didik sebagai bekal untuk melanjutkan kejenjang pendidikan selanjutnya yang lebih tinggi, semakin tinggi jenjang pendidikan yang diikutinya semakin banyak pula ilmu yang dimilikinya. Dan ilmu tersebut bisa digunakan untuk menyejahterakan dirinya.
Pohon cemara juga dimanfaatkan burung untuk membuat sarang sebagai tempat bertahan hidup dan berlindung. Seperi halnya anak didik yang mempunyai ilmu maupun karakter yang baik, tentu akan di butuhkan banyak orang demi kepentingan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

MOTTO
Menanamkan karakter yang baik terhadap anak akan membuat anak dapat melewati angin maupun badai dalam hidupnya seperti halnya pohon cemara yang selalu meliuk-liuk

KONTRIBUTOR:

YENI LATUZ SOLICHAH
Alamat FB: Yenigitulo@yahoo.co.id

No comments: