Google

Wednesday, August 8, 2012

GURU BAGAI SETRIKA II


Setrika adalah suatu benda perabotan rumah tangga yang berguna untuk merapikan baju yang kusut menjadi rapi. Selain itu setrika sangat bermanfaat buat kehidupan sehari-hari, tanpa setrika setiap orang tidak bisa berpenampilan rapi, sehingga membuat orang tidak percaya diri untuk berpenampilan di tempat umum kalau baju mereka belum disetrika. Itu dikarena baju mereka terlihat kusut. Dampak dari kekusutan baju membuat raut muka orang menjadi kusut juga, sehingga setiap orang melihat orang bajunya kusut juga berpikiran kalau orang tersebut juga mempunyai kepribadian yang seperti baju kusut yang mereka pakai. Tidak hanya itu saja baju yang belum disetrika membuat orang menjadi tidak bersemangat dan tidak segar dalam melakukan aktivitas. Dilihat dari harganya setrika dikatakan harganya sangat terjangkau bagi semua kalangan, sehingga semua orang bisa membeli setrika dan memakainya. Tidak hanya murah saja setrika beratnya ringan sekali dan simple, sehingga mudah ditaruh dimana saja tempatnya. Setrika dalam merapikan baju harus memulai dengan pemanasan dan mengantur volume panas agar sesuai dengan kebutuhan kain baju.
Dari pernyataan diatas saya memilih guru seperti setrika, karena karakteristik setrika seperti halnya seorang guru. Guru mempunyari ciri sama persis dengan setrika dimana setrika berguna merapikan baju, guru juga membuat peserta didik menjadi rapi dengan kebiasaan sehari-hari disekolah dengan disiplin dituntut rapi dalam berpenampilan. Karakteristik yang lain yaitu setrika dalam merapikan baju harus memulainya dengan pemanasan supaya hasilnya rapi sehingga butuh kesabaran dan ketelitian, itu seperti halnya guru memberika ilmu-ilmu mereka kepada peserta didik dengan penuh kesabaran dan ketelitian. Setrika sebelum memulai merapikan baju harus dipanaskan dahulu seperti halnya guru memanaskan peserta didiknya agar peserta didik bisa menerima pembelajaran dengan baik dan paham akan pelajaran tersebut. Selain itu setrika bisa membuat baju rapi sehingga membuat orang terlihat semangat dalam melakukan aktivitas, itu sama halnya dengan guru yang selalu memberikan pencerahan dan semangat bagi peserta didiknya untuk melakukan aktivitas sehari-hari, menuntut anak didiknya menjadi anak yang baik dalam perilaku dan kebiasaan. Setrika mudah ditemukan dimana-mana disaat sedih,senang, dan harganya sangat terjangkau, itu seperti guru yang selalu ada dimana-mana buat peserta didiknya dan guru sangat senang hati dalam memberikan ilmunya kepada peserta didik tanpa pamrih. Setrika beratnya ringan dan simple sehingga mudah ditaruh dimana saja sesuai dengan diinginkan, itu seperti halnya guru yang selalu santai dan ringan dalam mendidik peserta didiknya sehingga peserta didik berbawa suasana yang santai ringan dalam pembelajaran dan peserta didik menikmati apa saja yang disampaikan oleh guru. Setrika dalam merapikan baju harus memulai dengan pemanasan dan mengantur volume panas agar sesuai dengan kebutuhan kain baju, itu seperti halnya guru malakukan penggontrolan peserta didiknya sesuai dengan karakter peserta didiknya yang berbeda-beda dan guru bisa memberikan kebutuhan yang dibutuhkan.
Dari paparan guru seperti setrika diatas itu membuktikan guru sangat berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Tanpa guru semua kehidupan tidak bisa dilakukan dengan baik. Tanpa guru kita semua tidak menjadi seperti ini, karena guru membuat semua orang dari yang tidak tau menjadi tau, dari tidak bisa menjadi bisa. Guru berarti bagi kita semua, guru bagaikan matahari yang selalu menyelimuti ibu pertiwi membuat semangat dalam malakukan aktivitas anak didik bumi pertiwi membawa jiwa bangkit menuntut masa depan. Guru mempunyai jiwa mulia dengan rela berkorban memberikan ilmu dengan kesabaran dan penghayatan tanpa pamrih. Guru memberikan kasih sayang kepada semua peserta didik tanpa membedakan status. Guru selalu memberikan contoh kepada peserta didiknya dengan baik dalam berperilaku dan bersikap. Guru tidak membeda-bedakan peserta didiknya dalam mengajar, tidak mengenal status dan semuanya sama adil dan berhak mendapatkan ilmu.
Dari semua pernyataan tentang guru tidak ada habis-habisnya guru sangat berharga nilainya dimata setiap orang. Jadi janganlah engkau lupa akan pengorbanan guru selama ini yang mendidik kita menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama. Dan kita sebagai penerus pemimpin bangsa harus menghargai jasa-jasanya seorang guru. Serta harus menjunjung tinggi harkat dan martabat seorang guru dimata semua siapa pun. Dengan itu semua guru disebut “ PAHLAWAN TANPA TANDA JASA”. Buat semua guru terima kasih atas engkaulah kami semua menjadi manusia yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama
Nama : Nasrul Auliya
 Nim : 11-800-0213
 Kelas : PGSD 2011/E

No comments: