Google

Tuesday, August 14, 2012

MAIN KATA INSPIRASI GURU SD DALAM MENGAJAR

SIARAN TV MAIN KATA INSPIRASI GURU SD
DALAM MENGAJAR
Kejenuhan dengan banyaknya tugas-tugas perkuliahan membuatku berfikir kalau aku memang membutuhkan sedikit refresing untuk menyegarkan pikiran sejenak. Televisi, ya hanya itu hiburan satu-satunya yang ada. MAIN KATA acara TV yang di tayangkan setiap hari senin-jum’at pukul 13:30 membuatku berfikir tentang model pembelajaran PAIKEM pada mata kuliah STRATEGI PEMBELAJARAN yang kurang aku fahami. Keinginanku untuk menjadi guru SD yang berkualitas membuatku takut jikalau kelak murid yang akan ku ajar kesulitan menangkap/menrima materi yang telah aku sampaikan. Setelah kulihat game show MAIN KATA kenapa aku tidak menggunakan model pembelajaran seperti game show tersebut? Karena jika diperhatikan dengan seksama game show MAIN KATA tidak jauh berbeda dengan model pembelajaran PAIKEM.
Peserta game yang begitu semangat dan berperan aktif dalam permainan untuk merebutkan hadiah yang sudah ada dengan di arahkan oleh presenter dalam acara tersebut yang bisa membuat semangat para peserta game semakin bertambah. Begitu juga seorang guru yang harus biasa membuat siswa mereka lebih bersemangat dalam menuntut ilmu dengan melibatkan siswa berperan penting atau terlibat secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga mereka tidak hanya pasif menerima materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru mereka dan tentunya mereka juga akan menjadi siswa yang aktif dan berani menunjukkan diri bahwa mereka bisa.
Dalam game show ini peserta yang terdiri dari beberapa kelompok harus mengumpulkan point sebanyak mungkin dari berbagai macam permainan yang harus mereka lalui untuk maju ke babak final. Dalam setiap permainan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda sehingga mengharuskan semua peserta game harus bermain semaksimal mungkin. Seorang guru juga harus berusaha menciptakan inovasi-inovasi baru pada setiap materi yang akan disampaikan yang tentunya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda sehingga siswa bisa menerima materi yang telah disampaikan. Inovasi tersebut harus bisa memotivasi anak untuk berusaha dan terus berusaha sehingga bisa menjadi yang terbaik.
Masing-masing presenter mempunyai cara dan cirri tersendiri untuk membawakan acara TV. Begitu juga dalam game show MAIN KATA Kemal dan TJ juga mempunyai cara tersendiri untuk membawakan acara tersebut, yang layaknya seorang guru juga harus memiliki cara mengajar yang kreatif dan juga berkarakter sehingga bisa membedakan antar guru yang satu dengan guru yang lain. Berkarakter adalah guru yang kreatif dan mempunyai cara mengajar sendiri yang bisa membuat siswa mereka dengan mudah menangkap materi yang disampaikan dan tentunya guru yang kreatif pasti akan selalu di ingat oleh murid-muridnya seumur hidup.
Dalam game show ini banyak terdapat candaan-candaan sehingga selain bisa mendapatkan hadiah mereka juga bisa terhibur dan game pun bisa berjalan dengan santai. Tetapi dibalik game yang santai mereka juga menjalankan permainan sesuai dengan prosedur dan juga peraturan yang telah ditetapkan. Seorang gurupun harus bisa membuat suasana belajar santai layaknya game show tersebut, akan tetapi seorang guru juga harus bisa menguasai dan mengendalikan situasi yang ada supaya proses belajar mengajar tetap berjalan secara efektif.
Game show MAIN KATA bisa juga dikatakan sebagai salah satu game yang sangat mendidik. Selain para peserta yang bekerja keras untuk memperebutkan hadiah yang ada, mereka juga bisa belajar tentang arti kekompakan, berfikir cepat, dan mempercayai teman. Karena apabila semua itu sudah ada maka permainan sesulit apapun akan menjadi menyenangkan jika dikemas dalam wadah solidaritas yang tinggi. Begitupula seorang guru, mereka juga harus bisa mengemas kegitan belajar mengajar yang menyenangkan supaya siswa tidak merasa bosan. Guru juga harus berfikir secara cepat dalam mencari solusi bagaimana mencairkan suasana yang sudah mulai tegang dan membosankan menjadi menyenangkan. Suasana yang bukan hanya bisa menyenangkan siswa saja tetapi juga bisa menyenangkan guru agar tercipta kekompakan dan solidaritas antara saswa dan guru.
Bermimpi itu lebih baik daripada tidak sama sekali
Sukses untuk Guru Indonesia
KONTRIBUTOR:

Yeny Muntiani merupakan nama yang diberikan oleh kedua orangtuaku dan aku di lahirkan di Blora 30 Juni 1993. Kehidupan di tengah keluarga sederhana di sebuah dusun Sugih Waras desa Cabean Kec. Cepu Kab. Blora Jawa Tengah, tak menyurutkan niatku untuk menggapai cita-cita hingga sampai dengan saat ini aku kuliah di Universitas PGRI Adibuana Surabaya FKIP pada prodi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) semester 2, Prodi yang saat ini banyak diminati oleh banyak orang, melihat kesejahteraan guru yang semakin baik dan bertolak belakang dari kesejahteraan guru pada jaman dulu.kalian juga bisa berkunjung ke Blog http://yenyndut.blogspot.com/, Twitter @YenyTiani dan E-mail yeny_tian@yahoo.com .

No comments: